Kompas.com - 13/04/2021, 10:03 WIB
Santri putri mengaji di Pondok Pesantren An Nuqthah, Kota Tangerang, Banten, Kamis (18/6/2020). Pondok pesantren An Nuqthah kembali melaksanakan aktivitas setelah libur panjang akibat COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan pengecekan kesehatan bagi santri yang baru tiba. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSantri putri mengaji di Pondok Pesantren An Nuqthah, Kota Tangerang, Banten, Kamis (18/6/2020). Pondok pesantren An Nuqthah kembali melaksanakan aktivitas setelah libur panjang akibat COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan pengecekan kesehatan bagi santri yang baru tiba.

KOMPAS.com - Tahun ini untuk kedua kalinya Ramadhan berlangsung di tengah pandemi. Pemerintah pun menganjurkan agar kita tetap berkegiatan dari rumah untuk mencegah penularan Covid-19.

Beberapa orang mungkin merasa menghabiskan waktu di rumah saja ketika puasa adalah hal membosankan. Terlebih jika sudah merindukan momen dengan teman, keluarga, atau kerabat seperti buka bersama.

Tapi sebenarnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan agar ibadah puasa tetap terasa seru dan bermakna walau hanya di rumah. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Baca juga: Menag Yaqut: Masyarakat di Zona Oranye dan Merah Silakan Shalat Tarawih di Rumah

1. Ikut kegiatan virtual dengan komunitas

Di tengah pandemi, aturan jarak sosial membuat komunitas memilih melaksanakan kegiatan secara virtual, misalnya membaca Alquran bersama.

Tak ada salahnya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Walaupun dilakukan dengan cara berbeda, tapi maknanya tetap sama.

Selain itu, bisa juga perdalam pemahaman religius melalui podcast. Satu episode podcast setiap hari bisa sangat bermanfaat.

2. Ibadah lebih tekun

Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk meningkatkan spiritual. Ini adalah kesempatan untuk memulai kebiasaan baru yang diajarkan oleh agama.

Banyak Muslim yang memanfaatkan Ramadhan untuk belajar menunaikan salat lima waktu, mengkhatamkan Alquran, dan melakukan sunnah.

Untuk memperlancar niat ini, tidak ada salahnya menyetel pengingat atau alarm. Bisa juga menyediakan ruangan khusus untuk beribadah agar lebih semangat.

Baca juga: Umat Islam yang Beribadah di Masjid Diharapkan Patuhi Protokol Kesehatan

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X