Kompas.com - 13/04/2021, 10:18 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi menyiram tanaman.

KOMPAS.com - Hama merupakan masalah yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Bahkan, tak jarang tanaman mati karena hama.

Hama seperti kutu daun, siput, dan cocopet atau earwig dapat menyebabkan kerusakan serius pada tanaman jika tidak ditangani.

Oleh karena itu, penting untuk menyingkirkan hama. Pakar hortikultura Calum Maddock membagikan sarannya untuk menjauhkan hama dari tanaman.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya hindari menyiram dan menjejalkan tanaman secara bersama-sama dalam ruang terbatas.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menjauhkan hama, simak penjelasan berikut ini.

1. Hindari menjejalkan tanaman

Pencinta tanaman mungkin ada yang ingin memaksimalkan ruang kecil yang dimilikinya untuk menanam berbagai tumbuhan.

Namun, sebenarnya menjejalkan berbagai macam tanaman di ruang terbatas adalah cara yang salah. Maddock mengatakan, menanam berdesak-desakan malah dapat merugikan tanaman dan menarik hama.

Beberapa hama tertarik pada tanaman yang padat karena menawarkan kehangatan dan perlindungan dari predator.

Cara terbaik adalah memastikan jarak tanaman secara merata dan memiliki akses ke sirkulasi udara. Sirkulasi udara atau angin sepoi-sepoi dapat mencegah hama berkembang biak.

Halaman:


Sumber Express
Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X