Kompas.com - 13/04/2021, 11:11 WIB
Ibu hamil dalam kondisi sehat dan bahagia diperbolehkan berpuasa. SHUTTERSTOCKIbu hamil dalam kondisi sehat dan bahagia diperbolehkan berpuasa.

KOMPAS.com - Di dalam Islam, ibu hamil diberi keringanan untuk tidak berpuasa pada bulan Ramadhan.

Namun, ibu hamil dengan kondisi sehat, bahagia, dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi boleh berpuasa.

"Kalau ibunya sehat dan gizi tercukupi, sudah ada penelitian bahwa tidak ditemukan pengaruh puasa Ramadhan terhadap pertumbuhan janin."

"Jadi ibu tidak usah khawatir, janin ibu akan baik-baik saja selama ibunya sehat dan kebutuhan gizinya tercukupi," kata Prof Dr dr Dwiana Ocviyanti, SpOGK, MPH dalam seminar awam dan media bertajuk "Tips Sehat Puasa ala Guru Besar FKUI", Senin (12/4/2021).

Untuk memastikan apakah ibu dalam keadaan sehat, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berpuasa.

Nah, untuk memastikan ibu dan bayi tetap sehat selama berpuasa, ada beberapa tips puasa untuk ibu hamil yang dapat dipraktikkan, antara lain:

1. Memastikan asupan nutrisi dan cairan

Banyak masyarakat beranggapan bahwa ibu hamil perlu makan lebih banyak karena memberi makan untuk dua orang. Namun, anggapan tersebut ternyata tidak tepat.

Menurut Dwiana, asupan kalori ibu hamil memang meningkat pada setiap trimester tapi bukan berarti ibu perlu makan dua kali lipat.

Pada trimester pertama, misalnya, asupan kalori meningkat 300 kalori.

Sebagai gambaran, kebutuhan tersebut bisa terpenuhi dengan mengonsumsi asupan tambahan, misalnya, segelas susu (100 kalori) dan dua porsi telur (70-100 kalori).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X