Kompas.com - 13/04/2021, 11:34 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi Ibu Hamil
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi setiap umat Islam.

Walau begitu, ibu hamil diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa dengan pertimbangan keselamatan, baik ibu maupun janin di dalam kandungan.

Meski begitu, ada juga sebagian ibu hamil yang merasa sanggup untuk menjalankan puasa. Sebenarnya, amankah bagi ibu hamil untuk berpuasa?

Risiko berpuasa pada ibu hamil

Ibu yang memasuki trimester pertama kehamilan harus memerhatikan berbagai hal jika memiliki niatan berpuasa.

Pada trimester pertama atau masa awal kehamilan, ibu hamil masih memerlukan asupan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Sebab, di masa tersebut organ janin mulai terbentuk.

Berkaitan akan hal itu, ibu hamil sebaiknya memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik untuk menunjang tumbuh kembang janin.

Jika asupan makanan dan minuman dibatasi dengan berpuasa, ibu yang memasuki trimester pertama kehamilan dikhawatirkan berisiko melahirkan bayi secara prematur atau bayi dengan berat badan di bawah normal.

Beberapa keluhan atau gangguan kesehatan juga akan dialami oleh ibu hamil yang berpuasa, seperti sakit kepala, asam lambung naik, pusing, lemas, dehidrasi, hingga pingsan.

Baca juga: Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil

Berkonsultasi kepada dokter

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X