Kompas.com - 13/04/2021, 14:33 WIB
Ilustrasi Takjil puasa. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)Ilustrasi Takjil puasa.

KOMPAS.com - Orang yang ingin menurunkan berat badannya sering memanfaatkan momen puasa untuk membatasi asupan kalorinya.

Sayangnya hal ini tidak berlaku jika kita tidak bisa mengendalikan apa saja yang kita makan.

Faktanya, beberapa orang cenderung mengalami kenaikan berat badan saat bulan suci Ramadhan. Walau sejak fajar hingga petang tak ada makanan dan minuman yang masuk, nyatanya sulit mengendalikan keinginan makan banyak saat sahur dan berbuka.

Berikut ini cara mengontrol berat badan selama puasa:

1. Minumlah cukup air

Minumlah cukup air saat waktu sahur dan berbuka puasa. Jangan sibuk mengonsumsi makanan berat, tetapi lupa untuk menghidrasi tubuh. Kita tetap butuh 8 gelas air sehari, yang dicukupi saat bangun tidur, sahur, berbuka, hingga sebelum tidur.

Dengan menghidrasi tubuh dapat membantu kita dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Dengan demikian, ini bisa mengurangi masuknya asam ke dalam tubuh akibat puasa seharian.

Baca juga: Alasan Sebaiknya Jangan Minum Es Teh Manis Saat Berbuka Puasa

2. Atur makanan 

Makanan yang disiapkan untuk berbuka puasa biasanya sarat dengan kalori untuk membuat kenyang perut yang kosong.

Ada baiknya mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu, usai membatalkan puasa dengan air atau teh manis. Ini bisa membantu mengontrol kita agar tidak khilaf mengonsumsi banyak makanan tinggi gula dan lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X