Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudah Mengontrol Berat Badan Selama Ramadhan

Kompas.com - 13/04/2021, 14:33 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orang yang ingin menurunkan berat badannya sering memanfaatkan momen puasa untuk membatasi asupan kalorinya.

Sayangnya hal ini tidak berlaku jika kita tidak bisa mengendalikan apa saja yang kita makan.

Faktanya, beberapa orang cenderung mengalami kenaikan berat badan saat bulan suci Ramadhan. Walau sejak fajar hingga petang tak ada makanan dan minuman yang masuk, nyatanya sulit mengendalikan keinginan makan banyak saat sahur dan berbuka.

Berikut ini cara mengontrol berat badan selama puasa:

1. Minumlah cukup air

Minumlah cukup air saat waktu sahur dan berbuka puasa. Jangan sibuk mengonsumsi makanan berat, tetapi lupa untuk menghidrasi tubuh. Kita tetap butuh 8 gelas air sehari, yang dicukupi saat bangun tidur, sahur, berbuka, hingga sebelum tidur.

Dengan menghidrasi tubuh dapat membantu kita dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Dengan demikian, ini bisa mengurangi masuknya asam ke dalam tubuh akibat puasa seharian.

Baca juga: Alasan Sebaiknya Jangan Minum Es Teh Manis Saat Berbuka Puasa

2. Atur makanan 

Makanan yang disiapkan untuk berbuka puasa biasanya sarat dengan kalori untuk membuat kenyang perut yang kosong.

Ada baiknya mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu, usai membatalkan puasa dengan air atau teh manis. Ini bisa membantu mengontrol kita agar tidak khilaf mengonsumsi banyak makanan tinggi gula dan lemak.

3. Atur porsi makan

Hindari makan berlebihan untuk menghindari kelebihan berat badan selama puasa. Isi piring dengan lebih banyak serat dan protein tanpa lemak ketimbang nasi. Selain itu, makanlah dengan perlahan sehingga tubuh bisa memberi sinyal saat sudah kenyang.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian dengan Porsi Makan Seimbang

4. Pilih makanan dengan bijak

Berpuasa bukan berarti kita harus menuruti semua keinginan lidah. Usahakan untuk mengutamakan makanan bernutrisi ketimbang yang serba manis dan berlemak. Makanan bernutrisi bukan hanya membuat tubuh sehat tapi juga biasanya rendah kalori.

5. Cara memasak yang sehat

Cara penting lain untuk mengurangi kandungan kalori dalam makanan adalah dengan memilih cara memasak yang sehat. Jangan selalu memasak dengan cara digoreng atau memakai kuah santan.

Baca juga: Takut Makan Nasi karena Bikin Gendut, Coba Masak dengan Cara Ini

6. Berolahragalah secara teratur

Menjalankan puasa tanpa makan atau minum, memang bisa membuat kita lemas. Tetapi, kita tidak boleh lengah untuk bermalas-malasan berolahraga.

Kita bisa melakukan olahraga ringan yang dapat membantu tubuh tetap bugar selama puasa. Melakukan joging di sekitar rumah atau berolahraga dengan mengikuti video di Youtube bisa dilakukan setelah berbuka puasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com