Kompas.com - 13/04/2021, 14:50 WIB
. SHUTTERSTOCK.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan memang menjadi momentum yang pas untuk saling mengeratkan tali silaturahmi bersama orang terkasih. Ajakan buka bersama tentu tak pernah ketinggalan.

Meski di kala pandemi Covid-19 kita tidak bisa berkerumun dan berkumpul dengan banyak orang, kita bisa mengakalinya dengan bertemu hanya beberapa orang. Lalu, taat akan protokol kesehatan pun tetap dilakukan.

Namun, selalu ada masalah yang umum dijumpai saat berpuasa, yakni bau mulut.

Bau mulut mungkin bisa saja ditutupi dengan masker, dan tidak begitu tercium oleh orang lain. Namun, tetap saja ini bisa mengurangi rasa percaya diri kita.

Sebenarnya tak banyak bedanya cara mengilangkan bau mulut saat hari-hari biasa dan saat puasa. Kita hanya perlu untuk tetap gosok gigi, dan tidak asal melahap semua makanan.

Penyebab mulut kita berbau disebabkan oleh beberapa hal. Bisa saja karena produksi air liur yang berkurang, tumpukan sisa makanan sahur dan buka yang tidak dibersihkan dengan baik, hingga penyakit gigi yang belum dirawat.

Baca juga: Belum Tentu karena Makanan, Ini 5 Penyebab Bau Mulut

Nah, berikut ini adalah 10 cara untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut saat berpuasa:

1. Menyikat gigi dengan rutin

Menyikat gigi adalah kunci agar terhindar dari yang namanya bau mulut. Untuk lebih maksimal, kita disarankan untuk menyikat gigi setelah makan sahur dan berbuka puasa.

Ini bertujuan untuk mengurangi tumpukan sisa makanan dan bakteri di rongga mulut, sehingga risiko bau tak sedap pada mulut saat berpuasa bisa berkurang.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X