Kompas.com - 13/04/2021, 14:59 WIB
Muslim ketika melaksanakan Shalat Tarawih pertama, sembari memperhatikan jarak, di Masjid Tuanku Mirzan Zainal Abidin, Malaysia, pada 12 April 2021 untuk menyambut Ramadhan. AFP PHOTO/MOHD RASFANMuslim ketika melaksanakan Shalat Tarawih pertama, sembari memperhatikan jarak, di Masjid Tuanku Mirzan Zainal Abidin, Malaysia, pada 12 April 2021 untuk menyambut Ramadhan.

KOMPAS.com - Berpuasa di Bulan Ramadhan bukan hanya soal tidak makan dan minum. Inti dari ibadah ini adalah menahan diri agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik.

Salah satunya dengan menahan hawa nafsu termasuk makan, berkata buruk, dan melakukan hubungan seksual. Kita juga dianjurkan memaksimalkan ibadah seperti menjalankan salat sunnah, bersedekah dan berzikir.

Kuatkan niat untuk menjaga perbuatan dan pikiran agar ibadan yang dijalankan tetap utuh sampai saatnya berbuka puasa.

Dikutip dari laman NU, kitab Fath al-Qarib menyebutkan ada delapan hal yang bisa membatalkan puasa yaitu:

Baca juga: Tips Jitu Jaga Semangat Anak agar Kuat Puasa

  • Sampainya sesuatu ke lubang tubuh dengan sengaja

Puasa seseorang akan batal jika ada benda yang masuk ke salah satu lubang yang berpangkal ke organ bagian dalam misalnya saja mulut, telinga dan hidung.

Ibadah kita batal jika benda tersebut, seperti makanan atau minuman sampai pada batas awal bagian tubuh tersebut. Misalnya makanan yang masuk ke tenggorokan, walau sedikit, akan membatalkan puasa.

Sedangkan jika masih utuh ada di dalam mulut maka puasa kita tidak akan batal.

Selain itu, jika kita memasukkan sesuatu ke tubuh dalam keadaan lupa atau tidak tahu akan hukumnya maka puasa tetap sah. Namun dengan catatan jumlahnya tidak banyak.

Baca juga: MUI Wajibkan Penderita Covid-19 Jalani Ibadah Ramadhan di Rumah

  • Mengobati dengan memasukkan sesuatu ke kemaluan dan dubur

Minum obat jelas dapat membatalkan puasa, namun penggunaan obat lewat kelamin atau dubur juga bisa berdampak serupa.

Contohnya pengobatan bagi penderita ambeien dan pengguna kateter urin dapat membatalkan puasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X