Kompas.com - 13/04/2021, 20:49 WIB
Bangun sahur adalah hal berat bagi sebagian orang. Tapi, kita bisa melatih diri agar terbiasa bangun di waktu sahur. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOBangun sahur adalah hal berat bagi sebagian orang. Tapi, kita bisa melatih diri agar terbiasa bangun di waktu sahur.

KOMPAS.com - Waktu sahur di Indonesia pada umumnya dilakukan pada sekitar pukul 03.00 atau 04.00, tergantung pada daerah tempat tinggal.

Bangun sahur jadi hal yang berat bagi sebagian orang. Apalagi bagi orang-orang yang sehari-harinya tak terbiasa bangun pagi atau biasa begadang.

Tak jarang orang yang akhirnya susah bangun sahur dan melewatkan santap sahur.

Hal ini sangat tidak dianjurkan karena tubuh kita jadi tak punya cadangan energi lebih untuk beraktivitas.

Berikut tujuh cara lebih mudah bangun sahur yang bisa kita coba terapkan:

1. Tidur lebih cepat

Semua orang tahu cara yang satu ini. Sayangnya, cara ini lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan.

Tapi, bukan berarti tidak mungkin, lho.

Cobalah untuk tidur lebih cepat dalam satu hari dan usahakan tidur pada waktu yang sama di keesokan harinya dan di hari-hari berikutnya.

Memiliki waktu tidur cukup jelang sahur sama dengan mempersiapkan tidur agar lebih segar menghadapi hari.

Sebaliknya, tidur larut malam, misalnya pukul 01.00 lalu bangun pukul 03.30 dan tidur lagi pukul 05.00 hanya akan membuat tubuh terasa lelah dan membuat kita sulit untuk beraktivitas secara produktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Gulf News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X