Kompas.com - 13/04/2021, 20:50 WIB
Ilustrasi buka puasa bersama SHUTTERSTOCK/Odua ImagesIlustrasi buka puasa bersama

KOMPAS.com – Menjalankan ibadah puasa di masa pandemi berarti kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan. Menu sarat nutrisi harus menjadi bagian dari pola makan saat sahur dan berbuka.

Pola makan yang dianjurkan adalah dengan panduan isi piringku, yakni membagi piring menjadi dua bagian.

Setengah piring berisi nasi dan lauk-pauk, yang terdiri dari karbohidrat 2/3 dan sisanya lauk-pauk atau protein. Kemudian setengah isi piring diisi dengan sayur dan buah.

“Isi piringku juga tetap dipakai saat puasa, saat sahur dan berbuka,” kata dokter spesialis gizi klinis Luciana B.Sutanto SpGK dalam acara Live Instagram Happy at Home with Hometown (10/4/21).

Selain itu kita bisa menambah asupan nutrisi dengan konsumsi segelas susu.

“Selain mengandung protein hewani, susu juga mengandung zat gizi lain seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral. Susu dapat diminum 2 gelas per hari untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan berbagai gizi,” kata Luciana.

Baca juga: Pilihan Makan Sehat yang Tak Ribet untuk Sahur dan Buka Puasa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan, saat puasa susu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan sehat takjil.

“Susu dapat diminum sendiri atau dicampur makanan. Bukan hanya di saat berbuka puasa, saat sahur juga kita bisa minum susu” kata Luciana

Dia menambahkan, susu bisa dikonsumsi langsung atau pun diolah dengan bahan makanan lain.

“Umumnya saat ini kita membeli susu kemasan. Jangan lupa lihat tanggal expired-nya, fakta gizinya, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Sepanjang bulan Ramadhan 2021 susu Hometown Dairy akan mengadakan empat sesi talkshow yang bertujuan untuk edukasi keluarga di rumah tetap happy menjalankan aktivitas.

Happy at Home with Hometown akan diadakan setiap Sabtu jam 11.00 dan dapat disaksikan di Instagram Live @hometowndairy.id.

Baca juga: Susu Menjadi Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.