Kompas.com - 13/04/2021, 21:09 WIB
Sikat gigi tidak membatalkan puasa. SHUTTERSTOCKSikat gigi tidak membatalkan puasa.

KOMPAS.com - Banyak pro kontra soal sikat gigi saat berpuasa yang dianggap dapat membatalkan ibadah ini. Namun, ternyata ini boleh saja dilakukan dengan berbagai catatan.

Puasa membatasi kita mengkonsumsi makanan dan minuman sepanjang hari. Efeknya dapat membuat aroma mulut tidak sedap dan mengganggu kepercayaan diri.

Karena itu, banyak yang mencoba menguranginyau dengan menggosok gigi atau berkumur dengan larutan penyegar mulut. Kebiasaan ini kemudian memunculkan pertanyaan apakah boleh menyikat gigi saat sedang berpuasa.

Dikutip dari akun Twitternya, Habib Husein Ja'far Al Hadar mengatakan boleh saja menggosok gigi saat berpuasa asal dilakukan sebelum waktu dzuhur.

"Setelah dzuhur itu makruh makanya bangunlah pagi," terangnya.

Menurutnya ajaran Islam mengajarkan umatnya untuk tetap produktif meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Baca juga: Simak, 8 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan

Bau mulut yang bisa mengganggu aktivitas bisa dihilangkan dengan menyikat gigi asalkan di waktu dan cara yang tepat.

Dikutip dari laman NU, Islam menuntut kebersihan gigi dan mulut umatnya agar bersih dan segar melalui siwak dan lainnya termasuk menggosok gigi dan berkumur.

Namun, pengaturan waktunya harus ditentukan agar tidak menyalahi keutamaan dalam beribadah.

Setelah waktu dzuhur, ada baiknya membiarkan aroma mulut agar kurang sedap dan fokus saja beribadah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X