Kompas.com - 14/04/2021, 10:22 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Banyak orang tentu menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh sukacita. Tak terkecuali para ibu hamil yang juga ingin menunaikan ibadah puasa.

Namun, penting untuk diketahui, ketika usia janin masih dalam trisemester pertama, maka disarankan untuk tidak dulu melakukan puasa.

Sebab, pada usia kandungan tersebut, janin membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi demi perkembangannya. 

Baca juga: 6 Penyebab Sembelit Selama Bulan Puasa dan Cara Mengatasinya

Nah, untuk bagi ibu hamil yang sudah diberikan izin oleh dokter kandungan untuk menjalankan puasa, tak salah untuk menyimak sejumlah manfaat berpuasa bagi ibu hamil.

1. Mengontrol berat badan

Saat sedang hamil, biasanya nafsu makan bertambah, karena si ibu tak hanya memberi makanan untuk diri sendiri, tapi juga janin di dalam perutnya. 

Ibu hamil memang sering kali merasa lebih cepat lapar, sehingga bisa meningkatkan risiko mengalami kenaikan berat badan yang drastis.

Jika berpuasa, tentu makanan yang masuk pun akan terkontrol, hanya pada saat sahur dan berbuka saja.

Maka hal ini akan menjadi baik dalam konteks usaha menjaga bobot agar tidak terlalu banyak bertambah.

2. Memperbaiki metabolisme tubuh

Di saat berpuasa, sel-sel di dalam tubuh akan membersihkan sisa-sisa kotoran dan memperbaiki gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Baca juga: Bolehkan Sikat Gigi Saat Puasa? Begini Penjelasannya

Tentu ini baik untuk tubuh, yang mana sebelumnya mungkin proses metabolisme dalam tubuh sedikit terganggu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X