Kompas.com - 14/04/2021, 12:42 WIB
Ilustrasi kulit berminyak shutterstockIlustrasi kulit berminyak

KOMPAS.com - Kita mungkin berasumsi, jenis kulit setiap orang tidak akan mengalami perubahan. Sehingga, kita dapat menentukan perawatan kulit yang sama sepanjang waktu.

Namun, kenyataannya, kulit sangat rentan mengalami pergeseran karena sejumlah faktor, termasuk perubahan lingkungan dan hormonal.

Meski demikian, ada perbedaan antara kulit yang mengalami pergeseran sementara dengan jenis kulit yang berubah secara permanen.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sunsreen untuk Kulit Berminyak dan Cara Penggunaannya

"Jenis kulit kita ditentukan secara genetik dan itu bukanlah sesuatu yang berubah seiring musim," kata dokter kulit yang berbasis di New York, Joshua Zeichner, MD.

"Satu-satunya pengecualian adalah kulit berminyak bisa menjadi kulit kering seiring bertambahnya usia," tambah dia.

Pasca menopause, perubahan jenis kulit juga dapat terjadi karena kelenjar penghasil minyak (sebaceous) menjadi kurang aktif.

Kulit kita dapat bereaksi sementara terhadap perubahan lingkungan dan menunjukkan karakteristik yang berbeda dari biasanya selama masa transisi.

"Sangat penting untuk menyesuaikan rutinitas perawatan kulit kita agar sesuai dengan perubahan ini," kata dia.

Kulit berubah menjadi lebih kering

Menurut Dr Zeichner, kulit kering biasanya terasa gatal dan mungkin timbul serpihan atau kemerahan.

Baca juga: Atasi Kulit Kering dengan Body Butter Aroma Kelapa

Kulit sering kali menunjukkan kekeringan menjelang musim gugur dan musim dingin, jadi luangkan waktu untuk merawatnya dengan lembut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X