Kompas.com - 16/04/2021, 03:00 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Pemberian nutrisi dari makanan yang tepat wajib diberikan orangtua kepada anak agar tumbuh kembang anak bisa optimal.

Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi anak yaitu asam amino esensial. Asam amino esensial ini bisa diperoleh dari makanan yang mengandung protein, khususnya protein hewani.

"Asupan protein yang kurang akan menyebabkan ukuran tubuh anak berkurang atau stunting," kata Prof dr Damayanti R Sjarif, SpA(K).

Baca juga: Perhatikan, Manfaat Minum Susu Selama Bulan Puasa

Dia mengatakan hal itu dalam acara bertajuk "Protein Hewani dan 9 Asam Amino Essenial (AAE), salah satu Kunci Dukung si Kecil Tumbuh Kembang Optimal".

Acara ini yang diadakan Frisian Flag secara virtual pada Kamis (15/4/2021) kemarin.

"Protein yang dikonsumsi akan digunakan untuk membentuk hormon pertumbuhan, dan kemudian hormon tersebut akan dibawa ke tulang," kata dia.

Asam amino esensial, seperti dijelaskan Damayanti, merupakan senyawa asam amino yang tidak diproduksi oleh tubuh, dan hanya bisa didapat dari mengonsumsi makanan.

"Ada sembilan asam amino esensial, mulai dari histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan, dan valine."

"Jika salah satu dari asam amino ini tidak terdapat pada makanan, maka akan berdampak besar pada hormon pertumbuhan anak," kata dia.

Menurut dia, hormon pertumbuhan anak akan meningkat apabila anak diberikan produk hewani dan susu yang mengandung asam amino esensial.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X