Kompas.com - 16/04/2021, 12:50 WIB
Ilustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19. SHUTTERSTOCK/AlrandirIlustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.

KOMPAS.com - Di awal pandemi tahun lalu, para ilmuwan dan ahli memelajari manfaat vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kemudian pada September 2020, dokter dan pakar imunologi asal Amerika, Anthony Fauci mengatakan vitamin D membantu mencegah tubuh terinfeksi Covid-19. Ia juga merekomendasikan orang-orang untuk mendapatkan asupan vitamin D.

Lantas, perlukah kita mengonsumsi vitamin D untuk mencegah atau mengobati infeksi Covid-19?

Peran vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Ada bukti yang menyebutkan bahwa vitamin tersebut juga membantu menjaga sistem kekebalan berjalan dengan baik.

Beberapa tahun terakhir, para peneliti terus memelajari efek suplementasi vitamin D pada infeksi pernapasan.

Baca juga: Apa Dampaknya jika Bayi dan Anak Kekurangan Vitamin D?

Banyak uji klinis tidak menemukan efek yang berarti, sedangkan uji coba lainnya menyarankan penggunaan vitamin D dapat melindungi tubuh.

Sebuah studi pada tahun 2017 yang menganalisis 25 uji coba terkendali secara acak menyimpulkan, vitamin D membantu mencegah infeksi saluran pernapasan akut.

Vitamin D bisa meningkatkan sistem kekebalan dalam beberapa cara, menurut salah satu penulis studi, Dr Adit Ginde.

Ginde juga merupakan profesor kedokteran darurat di University of Colorado School of Medicine.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X