Kompas.com - 16/04/2021, 15:18 WIB
Konsumsi makanan kaya gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (Sumber: SHUTTERSTOCK) Konsumsi makanan kaya gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

KOMPAS.com - Sejak tahun lalu umat Islam memiliki tantangan tersendiri ketika harus menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Selain menahan lapar dan haus, umat Islam harus menjaga sistem kekebalan tubuh demi mencegah infeksi Covid-19.

Lantas, bagaimana cara kita melindungi diri dari paparan Covid-19, sekaligus memeroleh manfaat puasa?

Baca juga: Cegah Dehidrasi Kulit Selama Puasa dengan Skincare Tepat

Pakar diet dan psikolog klinis, Merve Oz membagikan tips agar kita mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sembari berpuasa di bulan Ramadhan ini.

1. Tidak melewatkan makan sahur

Oz mengatakan, puasa memungkinkan tubuh untuk memfokuskan energi.

Dengan menghentikan kerja sistem pencernaan dalam jangka waktu tertentu karena berpuasa, sistem kekebalan akan menjadi lebih aktif.

Hal ini memungkinkan tubuh untuk lebih baik dalam memperbaiki sel dan melawan kuman.

Waktu di antara sahur dan berbuka puasa adalah waktu di mana sistem kekebalan tubuh sedang aktif.

Agar sistem kekebalan berjalan semestinya, ia menekankan pentingnya bangun di malam hari untuk mengonsumsi makanan sahur yang sehat.

"Jika kita tidak bangun untuk sahur, tubuh  akan stres karena kelaparan yang berkepanjangan, yang dapat menurunkan kekebalan," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X