Kompas.com - 16/04/2021, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia kulit pastinya akan mengalami penuaan dengan berbagai macam perubahan, seperti munculnya kerutan halus, kulit mengendur, hingga adanya flek hitam.

Namun, selain karena usia, ada satu hal yang memempercepat kulit mengalami penuaan secara dini yaitu faktor paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari secara berlebihan.

"Sebanyak 75 persen penuaan disebabkan oleh sinar matahari. Bahkan, sinar UV dari matahari masih bisa menembus kaca sehingga kita tetap bisa terpapar meski berada di dalam ruangan."

Demikian penuturan Maria Adina, Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/4/2021).

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Litya Ayu Kanya Anindya SpKK,FINS DV mengatakan, baik sinar UVA dan UVB sama-sama memiliki dampak yang tidak baik bagi kulit.

Baca juga: Wajah Masih Berisiko Terbakar Matahari Meski Pakai Masker, Kok Bisa?

Tetapi, sinar UVA dianggap paling merusak kulit karena dapat menyebabkan hiperpigmentasi, kerusakan struktur kulit, mengurangi kelembapan, fungsi sel, dan stress oksidatif.

"Keduanya juga bisa menyebabkan radikal bebas yang menyebabkan kanker kulit," ujarnya.

Oleh sebab itu, dia menyarankan agar kita memakai sunscreen setiap hari untuk mencegah dampak buruk dari paparan sinar UV, serta membantu menghambat munculnya tanda-tanda penuan dini pada kulit.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Proteksi sunscreen yang maksimal

Melihat masalah tersebut, L’Oréal Paris memiliki terobosan baru dengan meluncurkan sunscreen UV Defender yang mampu memberikan proteksi terhadap sinar UV secara maksimal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.