Kompas.com - 16/04/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi. sashimiIlustrasi.

KOMPAS.com - Bau mulut saat berpuasa dapat mengganggu kita maupun orang lain yang berada di dekat kita. Penyebab utama bau mulut saat puasa adalah karena berkurangnya air liur akibat tidak makan dan minum.

Berkurangnya air liur berarti kuman di dalam mulut berkembang biak.

Penyakit tertentu serta gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan mulut kita mengeluarkan aroma tidak sedap.

"Bau mulut bisa disebabkan oleh penyakit tertentu seperti diabetes atau infeksi pada paru-paru," kata dokter gigi umum Drg Poul Derikson Haholongan Sitompul dalam acara "Menjaga Kesehatan Mulut & Tenggorokan di Bulan Puasa" yang disiarkan live di akun Instagram @my.kindoflife pada Jumat (16/4/2021).

"Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, juga bikin bau mulut," imbuhnya.

Baca juga: Cara Ampuh Cegah Bau Mulut Selama Berpuasa

Menjaga kesehatan mulut

Disampaikan Poul, menyikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa adalah langkah penting untuk membuat gigi dan mulut senantiasa bersih. Kondisi gigi dan lidah juga harus diperhatikan.

"Bisa kita gunakan dental floss atau benang gigi. Pastikan gigi tidak berlubang dan tidak ada sisa makanan di sela-sela gigi."

"Lidah, di sisi lain, merupakan tempat menempelnya kuman dari sisa makanan. Oleh karena itu, bagian lidah harus dibersihkan secara rutin," jelas dia.

Dalam hal membersihkan gigi, Poul menganjurkan penggunaan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

Baca juga: Cegah Bau Mulut, Jangan Malas Gosok Lidah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X