Kompas.com - 17/04/2021, 16:08 WIB
Raisa Andriana saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Raisa akan menggelar konser bertajuk Raisa Live in Concert 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 27 Juni 2020 mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMORaisa Andriana saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Raisa akan menggelar konser bertajuk Raisa Live in Concert 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 27 Juni 2020 mendatang.

KOMPAS.com - Penyanyi Raisa Andriana diketahui tak pernah membagikan foto wajah anaknya, Zalina Raine Wyllie, di media sosial.

Ternyata hal ini dilakukan Raisa untuk menjaga privasi sang anak.

"It's privacy. Menurutku, itu haknya dia," ujar Raisa seperti dikutip dari kanal YouTube Boy William.

Raisa bukan satu-satunya ibu yang melakukan itu. Selain tidak memperlihatkan wajah bayi atau anak mereka, para ibu tersebut juga kerap menutupi wajah anak dengan emoji.

Model Gigi Hadid dan Ashley Graham serta aktris Halle Berry adalah beberapa contoh pesohor lain.

Lalu, apa manfaat yang didapatkan anak di masa depan ketika orangtua mereka melindungi privasi mereka di internet?

Baca juga: Raisa Jelaskan Alasan Tak Pernah Pamer Foto Anaknya di Media Sosial

Unggahan foto Raisa memperlihatkan putrinya, Zalina Raine Wyllie, bersama sang suami Hamish Daud.TANGKAP LAYAR INSTAGRAM @raisa6690 Unggahan foto Raisa memperlihatkan putrinya, Zalina Raine Wyllie, bersama sang suami Hamish Daud.
Fenomena sharenting

Media sosial semakin berkembang dari tahun ke tahun, membuat aktivitas berbagi foto dan video rasanya tak menjadi hal yang langka lagi.

Di tengah perkembangan teknologi ini, muncul istilah "sharenting". Sharenting adalah kombinasi dari kata "share (berbagi)" dan "parenting (pola asuh)".

Sharenting biasanya ditujukan untuk para orangtua yang mengunggah apa yang terjadi tentang anak mereka di media sosial. Platform paling populer untuk melakukan sharenting adalah Facebook dan Instagram.

Sharenting dapat berbahaya karena beberapa alasan, di antaranya:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X