Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2021, 13:42 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Stres bukan cuma dialami orang dewasa yang terpaksa mengubah kerjanya dari rumah. Saat ini, banyak anak yang juga merasakan stres karena harus mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online.

Di satu sisi orangtua merasa lega karena anaknya tidak perlu pergi ke sekolah untuk belajar, sehingga risiko anak mengalami masalah kesehatan menjadi lebih kecil.

Namun di sisi lain, berada di rumah dalam waktu lama akan memengaruhi kesehatan mental dan prestasi anak.

Inilah tanda-tanda anak mengalami stres karena proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

1. Enggan menunjukkan diri di depan kamera

Apabila anak mudah tersinggung ketika waktunya belajar online, atau berusaha menghindari tatap muka secara virtual, itu artinya tampil di depan kamera membuat anak stres.

Psikolog klinis Kate Eshleman, PsyD menjelaskan kepada Cleveland Clinic bahwa orangtua dapat membantu meringankan kecemasan anak dengan melakukan beberapa cara.

Baca juga: Menko PMK Minta Guru Tetap Mengajar dari Sekolah meski Sekolah Online

Contohnya, mengubah tempat atau ruangan anak belajar, atau meminta anak bangun lebih pagi agar ia lebih siap menunjukkan diri di depan kamera.

Jika anak benar-benar merasa cemas tampil di depan kamera, Eshleman menyarankan orangtua untuk menanyakan kepada guru apakah anak boleh mengikuti kelas daring tanpa menyalakan kamera atau tidak.

Kemungkinan lainnya, anak merasa dirinya dilihat oleh semua murid saat menyalakan kamera di kelas daring. Orangtua dapat menjelaskan kepada anak bahwa itu tidak terjadi.

Baca juga: Ini yang Harus Dibawa Saat Sekolah Tatap Muka Terbatas

2. Gangguan tidur

Jika anak mengalami insomnia, mimpi buruk, atau tidur lebih lama dari biasanya, itu bisa menandakan anak stres karena belajar daring. Kebiasaan tidur yang tidak menentu adalah tanda umum stres pada anak.

Apabila anak kesulitan tidur, orangtua perlu berkomunikasi secara terbuka dengan anak dan membuatnya mengatakan apa yang dia rasakan.

 Ilustrasi anak sedang belajar online.SHUTTERSTOCK Ilustrasi anak sedang belajar online.

Cobalah meyakinkan anak, masa-masa sulit yang dirasakan saat ini adalah hal yang wajar, sehingga ia menjadi tidak terlalu stres.

3. Tidak peduli

Halaman:
Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com