Kompas.com - 19/04/2021, 13:42 WIB
Ilustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXSIlustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Stres bukan cuma dialami orang dewasa yang terpaksa mengubah kerjanya dari rumah. Saat ini, banyak anak yang juga merasakan stres karena harus mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online.

Di satu sisi orangtua merasa lega karena anaknya tidak perlu pergi ke sekolah untuk belajar, sehingga risiko anak mengalami masalah kesehatan menjadi lebih kecil.

Namun di sisi lain, berada di rumah dalam waktu lama akan memengaruhi kesehatan mental dan prestasi anak.

Inilah tanda-tanda anak mengalami stres karena proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

1. Enggan menunjukkan diri di depan kamera

Apabila anak mudah tersinggung ketika waktunya belajar online, atau berusaha menghindari tatap muka secara virtual, itu artinya tampil di depan kamera membuat anak stres.

Psikolog klinis Kate Eshleman, PsyD menjelaskan kepada Cleveland Clinic bahwa orangtua dapat membantu meringankan kecemasan anak dengan melakukan beberapa cara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menko PMK Minta Guru Tetap Mengajar dari Sekolah meski Sekolah Online

Contohnya, mengubah tempat atau ruangan anak belajar, atau meminta anak bangun lebih pagi agar ia lebih siap menunjukkan diri di depan kamera.

Jika anak benar-benar merasa cemas tampil di depan kamera, Eshleman menyarankan orangtua untuk menanyakan kepada guru apakah anak boleh mengikuti kelas daring tanpa menyalakan kamera atau tidak.

Kemungkinan lainnya, anak merasa dirinya dilihat oleh semua murid saat menyalakan kamera di kelas daring. Orangtua dapat menjelaskan kepada anak bahwa itu tidak terjadi.

Baca juga: Ini yang Harus Dibawa Saat Sekolah Tatap Muka Terbatas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.