Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Suami, Lakukan ini Saat Istri Mengalami Depresi Pasca Melahirkan

Kompas.com - 19/04/2021, 15:21 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber help guide

KOMPAS.com - Depresi pasca melahirkan menjadi kondisi medis yang dialami banyak perempuan saat ini.

Meski berniat membantu, sebagian suami kerap kebingungan apa yang harus dilakukannya saat menghadapi kondisi ini.

Baby blues dan Post Partum Depression (PPD) menjadi salah satu masalah mental yang kerap dihadapi ibu usai bersalin. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh serta berbagai faktor lainnya.

Kelelahan usai proses bersalin, stres, merasa kewalahan dan kurang tidur menyebabkan tekanan emosional maupun fisik. Perempuan akan lebih mudah menangis, rentan, dan rapuh secara emosional.

Kondisi ini tentu saja sangat asing bukan hanya bagi penderitanya namun juga lingkungan sekitarnya. Suami biasanya menjadi orang yang paling kebingungan dengan kondisi ini.

Istri yang kerap menangis, bayi yang kurang terurus, dan rumah yang berantakan membuat banyak pria kelabakan. Namun ingatlah bawah kesehatan pasangan adalah hal yang utama.

Lakukan semua yang dibutuhkan untuk mendampingi istri melewati fase buruk ini. Ajak istri berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Mengenal Baby Blues, Sindrom yang Diduga Picu Ibu Bunuh Bayi Sendiri

Namun suami juga bisa berperan membantu pemulihan istri dari depresi yang dialaminya. Dikutip dari Help Guide, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan pria yaitu:

  • Ajak pasangan bicara soal perasaannya

Ajak istri untuk sharing berbagai perasaan yang dialaminya usai melahirkan. Simak setiap keluh kesannya dan biarkan dia menyampaikan semua uneg-unge yang dirasakan.

Namun jangan pernah menghakimi apa yang dirasakan atau diperbuatnya. Tidak ada perlunya juga memberikan solusi untuk hal yang tidak ditanyakannya.

Perilaku ini malah membuat perasaan pasangan bertambah buruk. Jika memungkinkan, ajak pasangan mengenali sejumlah perubahaan yang mereka tunjukkan karena depresi yang dialami.

  • Bantu mengerjakan pekerjaan rumah

Pria harus sigap membantu pekerjaan rumah dan mengasuh anak. Kedua hal ini menjadi kewajiban suami yang menjadi sangat penting dilakukan ketika ibu dalam fase depresi.

Gabrielle Mauren, psikolog di Philadelphia yang fokus pada isu kesehatan mental ibu mengatakan PPD membuat perempuan kebingungan sekaligus ingin menyelesaikan semua hal sendiri.

Jadi tidak perlu bertanya apakah mereka perlu bantuan. Sebaliknya para suami harus berinisiatif dengan tindakan konkret.

Misalnya saja langsung menggendong bayi yang bangun karena kehausan atau membantu mencuci pakaian yang sudah menumpuk.

Baca juga: Pentingnya Kerjasama Istri dan Suami dalam Mengurus Anak

Halaman:
Sumber help guide
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com