Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2021, 10:57 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II akan merayakan ulang tahunnya yang ke-95 tahun pada Rabu (21/4/2021).

Ini menjadi ulang tahun pertama ratu tanpa suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal dunia pada Jumat (9/4/2021).

Lalu, seperti apa perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II tahun ini?

Karena pandemi Covid-19, ulang tahun ratu tidak akan dirayakan secara besar-besaran seperti tahun sebelumnya.

Selain itu, tahun ini juga merupakan ulang tahun pertama ratu tanpa sang suami sehingga kemungkinan perayaan ulang tahunnya hanya dirayakan lewat acara kumpul-kumpul yang lebih kecil.

Kepada Harper's Bazaar, seorang sumber mengatakan bahwa ratu diperkirakan akan menghabiskan waktu bersama beberapa anggota keluarganya pada hari ulang tahun.

Sumber lainnya mengonfirmasi bahwa ratu juga mungkin tidak akan merilis potret ulang tahun karena masih dalam masa berkabung hingga Jumat pekan ini.

Ratu bersama anggota keluarga kerajaan lainnya, termasuk putra sulungnya Pangeran Charles bersama dua putranya Pangeran William dan Harry, akan melakukan upacara pemakaman resmi untuk menghormati kehidupan Duke of Edinburgh, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Ulang Tahun Ratu Elizabeth Dirayakan secara Online

Papan iklan elektronik menampilkan penghormatan kepada Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, di pusat kota London pada 9 April 2021 setelah kematian Pangeran Philip. Suami Ratu Elizabeth II tersebut baru-baru ini menghabiskan lebih dari sebulan di rumah sakit dan menjalani prosedur jantung. Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun.AFP PHOTO/NIKLAS HALLE'N Papan iklan elektronik menampilkan penghormatan kepada Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, di pusat kota London pada 9 April 2021 setelah kematian Pangeran Philip. Suami Ratu Elizabeth II tersebut baru-baru ini menghabiskan lebih dari sebulan di rumah sakit dan menjalani prosedur jantung. Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa penghormatan senjata tradisional di Hyde Park dan Menara London yang biasa dilakukan untuk menandai ulang tahun ratu tidak akan diselenggarakan untuk tahun kedua berturut-turut.

Tahun lalu, tradisi ini tidak diselenggarakan karena mulainya periode penguncian (lockdown) di seluruh Inggris.

Perayaan ulang tahun musim panas tahunan ratu, yang dikenal sebagai Trooping the Color, juga tidak akan berlangsung tahun ini.

Namun, meskipun ratu tidak mengambil bagian salam acara kerajaan publik hingga beberapa pekan mendatang, ia tetap akan bekerja dari rumah.

Secara pribadi, ratu akan membalas pesan dari para pemimpin dunia yang menyatakan belasungkawa atas meninggalnya Pangeran Philip.

Baca juga: Pangeran Harry Mungkin Tinggal Lebih Lama untuk Merayakan Ulang Tahun Ratu Elizabeth

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com