BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Bukan Cuma Mawar, 5 Tanaman Ini Juga Jadi Simbol Cinta

Kompas.com - 21/04/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi buket bunga untuk hadiah valentine. UNSPLASH/WAN CHENIlustrasi buket bunga untuk hadiah valentine.

JAKARTA, KOMPAS.com – Perasaan cinta atau kasih sayang kepada orang terkasih bisa diungkapkan lewat berbagai momen dan kesempatan. Salah satunya adalah momen Hari Kartini.

Hari kelahiran Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April tersebut diperingati sebagai momen untuk mengenang sosoknya yang gigih memperjuangkan emansipasi perempuan.

Oleh sebab itu, peringatan Hari Kartini dapat menjadi momen yang tepat untuk mengungkapkan cinta dan rasa terima kasih kepada perempuan-perempuan terkasih, seperti ibu, istri, kekasih, nenek, saudara, sahabat, atau kerabat.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan rasa cinta kepada mereka. Salah satunya, melalui pemberian hadiah berupa buket bunga.

Seikat bunga mawar sering kali dipilih sebagai pemberian untuk menyatakan cinta. Seperti diketahui, bunga mawar memang telah menjadi lambang cinta dalam berbagai budaya dan tradisi sejak dulu. Namun, selain mawar, sebenarnya masih banyak jenis tanaman yang juga merupakan simbol cinta dan kasih sayang.

Berikut lima tanaman yang bisa menjadi pilihan untuk mengungkapkan cinta kepada perempuan terkasih pada momen spesial Hari Kartini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Thyme

Daun thyme sering kali digunakan sebagai bahan masakan dan ramuan herbal untuk kesehatan. Diberitakan Kompas.com, Sabtu (13/2/2021), thyme mengandung timol, yakni senyawa antiseptik yang digunakan dalam obat herbal.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Melambangkan Cinta

Namun, siapa sangka, selain terkenal akan kedua manfaat tersebut, tanaman herbal itu ternyata memiliki sejarah panjang sebagai perlambang cinta. Thyme berasal dari bahasa Yunani “timus” yang berarti “keberanian”.

Orang Yunani kuno menggunakan thyme sebagai simbol yang melambangkan gaya elegan. Pada abad pertengahan, tanaman ini digunakan sebagai simbol kesopansantunan.

Sementara itu, laman The Spruce, Jumat (5/3/2021) menuliskan, thyme membawa arti kasih sayang yang sempurna untuk cinta muda atau persahabatan yang dalam.

Menyertakan thyme dalam karangan bunga menunjukkan bentuk pengabdian cinta Anda kepada perempuan terkasih di hidup Anda.

2. Krisan

Chrysanthemum atau krisan merah (Dendranthema x grandiflorum) menjadi lambang harapan, cinta, ketenangan, dan persahabatan yang indah di Amerika Serikat.

Bunga tersebut merupakan hadiah yang cocok untuk diberikan kepada teman dekat dan kekasih. Lagi pula, bunga ini sangat cantik untuk dipadukan dengan daun-daun eksotis.

Selain itu, krisan merah juga cocok ditanam di dalam pot. Jadi, selain sebagai perlambang cinta, bunga ini juga bisa menjadi hadiah yang tepat untuk seseorang yang tengah menggeluti hobi bercocok tanam di tengah pandemi seperti saat ini.

3. Lavender

Lavender atau Lavandula merupakan tanaman berbunga yang sangat populer serta banyak digunakan dalam industri obat dan kosmetik.

Dengan nuansa warna ungu nan cantik, lavender ternyata juga menjadi simbol romantis. Lavender memiliki arti "pengabdian dan cinta abadi” dalam bahasa cinta modern.

Bentuk romantis lavender tersebut kemudian diadaptasi dalam tradisi pernikahan modern. Saat ini, kelopak lavender kering semakin populer digunakan sebagai konfeti pernikahan.

Selain simbol cinta, lavender juga terkenal sebagai bunga yang dapat menenangkan dan mampu meningkatkan suasana hati. Hal ini berkat bau harum yang dihasilkannya. Oleh sebab itu, banyak orang menyimpan batang lavender di kamar untuk membuat tidur lebih nyenyak.

4. Anggrek

Anggrek atau Orchidaceae merupakan salah satu tanaman bunga yang dapat mekar sepanjang tahun. Bunga yang sangat populer ini juga bisa menjadi pilihan untuk mengungkapkan kasih sayang di Hari Kartini.

Perlu diketahui, bunga anggrek merupakan perlambang cinta, keindahan, kemewahan, dan kekuatan. Secara spesifik, bunga ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan rayuan yang eksotis.

"Jika seseorang memberimu bunga anggrek, mereka lebih ‘liar’ daripada orang yang memberi bunga mawar,” ujar Manajer Desain Produk ProFlowers.com Kate Law, seperti dikutip dari laman Woman’s Day, Minggu (14/2/2021).

5. Peony

Bunga peony juga merupakan salah satu bunga paling populer yang dipakai sebagai lambang cinta. Bunga ini kerap digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari buket pengantin hingga karangan bunga yang cantik. Bunga peony memiliki bentuk yang besar, cantik, mencolok, dan memberi kesan elegan.

Diberitakan laman Pure Wow, Minggu (28/2/2021), bunga peony dikenal sebagai bunga nasional China. Memang, dalam bahasa China, peony berarti “terindah”. Jadi, tak mengherankan bahwa peony dianggap sebagai perlambang keindahan dan cinta.

Baca juga: Mengenal Warna-warni Bunga Peony dan Maknanya

Bunga peony juga dikenal sebagai bunga abadi. Bahkan, pohon bunga peony disebut dapat tetap tumbuh dan berbunga hingga berusia seratus tahun. Oleh sebab itu, bunga peony dilambangkan sebagai bagian dari perjalanan cinta yang panjang.

Simbol perjalanan cinta yang panjang pada bunga peony kemudian diadaptasi oleh Frank & co. Pada perayaan hari jadi ke-25 Frank & co yang bertema “25 Years Journey of Love”, Frank & co meluncurkan produk cincin berlian wanita Frank Fire Peonies. Cincin ini terinspirasi dari keindahan dan kedalaman makna cinta pada bunga peony.

Frank & co meluncurkan Frank Fire Peonies pada perayaan ulang tahunnya yang ke-25Frank & co Frank & co meluncurkan Frank Fire Peonies pada perayaan ulang tahunnya yang ke-25

Desain cincin dengan berlian yang ditatah hingga menyerupai bentuk bunga peony tersebut dapat mewakili ekspresi dan pernyataan cinta seseorang kepada orang terkasihnya.

“Pada dasarnya, berlian memiliki sifat abadi yang tak lekang oleh waktu dan tidak mudah rusak. Sifat inilah yang diharapkan bisa terkandung pada cinta kepada pasangan, keluarga, teman, bahkan diri sendiri,” ujar Brand Manager Frank & co Jewellery Natasha Jane kepada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Lebih lanjut Natasha menjelaskan, kehadiran cincin berlian Frank Fire Peonies dalam perjalanan 25 tahun itu juga menandakan kesetiaan Frank & co sebagai pendamping perjalanan cinta jutaan konsumennya.

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dan cinta kasih kepada pelanggan setianya, pada momen perayaan ulang tahun ke-25, Frank & co juga menyiapkan berbagai program dengan hadiah menarik, cashback, dan voucer potongan harga.

Bagi konsumen dengan pembelanjaan minimal Rp 25 juta, Frank & co akan memberikan kalung Garnet Deer Pendant yang didesain khusus untuk perayaan 25th Anniversary.

Konsumen juga berkesempatan memenangkan 250 hadiah dengan nilai total hingga Rp 1 miliar untuk setiap pembelanjaan sebesar Rp 5 juta, baik di toko offline maupun laman resmi Frank & co.

Selanjutnya, 25 pelanggan pertama yang berbelanja di laman resmi Frank & co mulai 21 April 2021 akan mendapatkan suvenir eksklusif.

Selain hadiah-hadiah tersebut, pendaftar pertama anggota atau member CMK Club juga akan mendapatkan voucer sebesar Rp 500.000 yang bisa digunakan untuk berbelanja di Frank & co.

Bagi pengguna kartu kredit bank partner, Frank & co juga menyiapkan program lain yang tak kalah menarik. Konsumen dengan kartu kredit bank partner berkesempatan mendapat cashback hingga Rp 2.100.000 dan kemudahan cicilan 0 persen.

Beragam hadiah menarik juga diberikan kepada pengikut atau followers akun Instagram @franknco_id. Melalui media sosial ini, Frank & co mengadakan kompetisi foto dan video yang berhadiah menarik.

Sebagai informasi, produk perhiasan Frank & co bukan hanya berupa cincin kawin atau cincin tunangan (engagement ring), seperti cincin tunangan berlian (diamond engagement ring) yang digunakan sebagai simbol cinta kepada kekasih hati.

Produk perhiasan wanita, seperti kalung dan gelang berlian, juga dapat dijadikan hadiah ulang tahun dan perayaan Hari Kartini kepada keluarga dan teman. Perhiasan ini juga bisa dijadikan hadiah untuk diri sendiri sebagai sebuah refleksi cinta kepada diri sendiri atau self-love.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.