Kompas.com - 21/04/2021, 13:56 WIB
Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque, jam tangan dengan empat wajah Jaeger-LeCoultre Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque, jam tangan dengan empat wajah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jaeger-LeCoultre memberi sebutan Hybris Mechanica ke sejumlah jam tangan yang berbeda, dimulai dengan tiga jam tangan dengan mesin sangat rumit yang dijual sebagai satu set, seharga 2,5 juta dollar AS atau Rp 36 miliar, pada tahun 2009.

Selama beberapa tahun, nama Hybris Mechanica disematkan pada arloji yang dianggap mewakili puncak seni Jaeger-LeCoultre karena kerumitan pembuatannya.

Nah, pada acara Watches & Wonders 2021, nama tersebut kembali diberikan untuk Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque yang dikembangkan selama enam tahun.

Reverso Hybris Mechanica Calibre 185Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185
Perlu dicatat, ini adalah jam tangan paling rumit yang pernah dibuat Jaeger-LeCoultre, dengan total 11 komplikasi atau kemampuan berbeda.

Membuat jam tangan mekanik dengan banyak komplikasi bukanlah perkara mudah. Arloji yang sangat rumit bisa membuatnya menjadi terlalu besar.

Contoh paling ekstrim adalah jam saku Patek Philippe Calibre 89, yang diperkenalkan pada tahun 1989 sebagai jam tangan paling rumit di dunia, dengan 33 komplikasi.

Tapi beratnya yang 1,1 kilogram, dengan diameter 88,2 mm dan tebal 41,07 mm, membuatnya tidak praktis dibawa.

Sebaliknya, arloji Jaeger-LeCoultre hanya berukuran 51mm x 31mm x 15.15mm. Artinya, untuk jam tangan dengan kerumitan seperti ini, Hybris Mechanica Calibre 185 sangat bisa diterima dan nyaman dikenakan.

Baca juga: Jaeger-LeCoultre Kenalkan Jam Tangan yang Sangat Akurat

Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 QuadriptyqueJaeger-LeCoultre Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 Quadriptyque
Uniknya, untuk menampilkan semua komplikasinya, jam tangan ini dibuat memiliki empat wajah, hal yang dimungkinkan karena seri ini merupakan bagian dari Reverso.

Reverso sendiri adalah jam tangan Jaeger-LeCoultre yang bagian depannya bisa dibalik, dan awalnya diciptakan agar permukaan jam tidak rusak bila terkena benturan saat dipakai bermain polo.

Baca juga: Yang Terbaru dari Jaeger-LeCoultre Reverso, Jam Tangan dengan Dua Muka

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X