Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2021, 14:49 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Meski Hari Raya Idul Fitri masih beberapa minggu lagi, mempersiapkan kulit bercahaya alami alias glowing tidak bisa didapatkan dalam sehari semalam saja. 

Ada rutinitas yang harus dijalani agar mendapatkan kulit sehat dan bercahaya, mulai dari apa yang kamu makan, pola tidur, apa yang dipakai ke kulit, usia, hingga faktor pikiran. 

Berikut ini adalah 12 tips yang bisa kamu ikuti untuk menjadikan kulit glowing saat Lebaran tiba:

1. Bersihkan secara teratur

Kunci untuk kulit bercahaya adalah membersihkan wajah dengan membuang kotoran, minyak, dan partikel polusi secara menyeluruh yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam.

"Cuci wajah pada pagi dan malam denan pembersih muka sambil memijat wajah menggunakan jari dalam gerakan melingkar," kata Sabina Wizemann, Kimiawan Senior GH Beauty Lab.

Baca juga: 7 Aturan Membersihkan Wajah Agar Kulit Tak Bermasalah

2. Eksfoliasi kulit 

“Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan kilau baik secara langsung maupun jangka panjang adalah dengan eksfoliasi atau pengelupasan,” kata Wizemann.

"Proses ini menghilangkan lapisan luar sel kulit mati sehingga permukaankulit menjadi lebih halus dan bersih serta memantulkan cahaya alami."

Wizemann juga menyarankan untuk mengaplikasikan exfoliant fisik, seperti scrub wajah, dua hingga tiga kali seminggu atau exfoliatior kimiawi, seminggu sekali untuk kulit sensitif atau kering dan maksimal tiga kali untuk jenis kulit lainnya. 

Baca juga: Mencerahkan Kulit Wajah dengan Metode Eksfoliasi

3. Hidrasi dan lindungi kulit

Agar kulit lebih bercahaya, gunakan pelembab. Kulit yang lembap akan memantulkan cahaya, membuatnya langsung tampak lebih glowing.

Selain itu pastikan melindungi kulit dengan tabir surya atau krim yang mengandung SPF 30+ spektrum luas, karena pengelupasan kulit membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, termasuk munculnya bintik hitam di wajah. 

4. Carilah bahan perawatan kulit yang mencerahkan

Pilih produk perawatan kulit yang mencerahkan dan "meratakan warna kulit", dengan bahan perawatan kulit aktif seperti:

Vitamin C

Danusia Wnek, ahli kimia GH Beauty Lab mengatakan bahwa antioksidan dari vitamin C bisa mencerahkan kulit dapat memblokir enzim yang menghasilkan pigmen.

Niacinamide (vitamin B3) 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com