Kompas.com - 22/04/2021, 10:33 WIB
Ilustrasi pasangan DragonImagesIlustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tentu setiap orang menginginkan dirinya tetap sehat, bugar, awet muda, bebas penyakit, dan hal baik lainnya. Namun, mau tidak mau kita disadarkan bahwa usia terus bertambah.

Bertambahnya usia umumnya diiringi meningkatnya masalah kesehatan. Karenanya banyak orang mencari cara agar dirinya bisa awet muda dan tidak sakit-sakitan.

Lalu apa yang bisa dilakukan?

Andrew Steele, seorang ilmuwan sekaligus penulis buku berjudul "Ageless: The New Science of Getting Older Without Getting Old”, mengatakan bahwa seharusnya masyarakat tak perlu malu melakukan perawatan untuk memperlambat akumulasi mutasi dalam DNA kita.

"Setiap orang memiliki kendali atas proses penuaannya tanpa disadari," kata Steele.

Mengetahui hal itu, Steele menjadi lebih bersemangat melakukan hal-hal baik untuk tubuhnya. 

Dia mengungkapkan bahwa semua jenis intervensi kesehatan sehari-hari yang 'membosankan' seperti olahraga, tidak merokok, makan makanan yang sehat, ini benar-benar bisa memperlambat proses penuaan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Baca juga: 9 Tips Hidup Sehat demi Panjang Umur

Berdasarkan pengetahuan yang dia ketahui dan kebiasaan yang dilakukannya sendiri, berikut ini adalah hal-hal baik yang bisa diterapkan untuk memperlambat penuaan:

1. Melakukan olahraga 

Ilustrasi olahraga mengenakan maskershutterstock Ilustrasi olahraga mengenakan masker
Steele mencoba berlari dan bersepeda rata-rata 30 menit sehari. Dia juga menambahkan latihan kekuatan ke dalam rutinitasnya setelah meneliti betapa pentingnya menjaga otot tetap aktif.

Halaman:


Sumber today.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X