Kompas.com - 22/04/2021, 12:46 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Earth Day atau Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April oleh warga di seluruh dunia. Namun kita bisa merayakannya setiap hari dengan perubahan gaya hidup dalam perilaku sehar-hari.

Warga dunia biasanya merayakan hari kepedulian atas bumi dengan melakukan sejumlah gerakan. Salah satunya turun ke jalan untuk meningkatkan kesadaran publik agar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Dibandingkan cara itu, ada opsi yang lebih efektif yakni dengan mengubah gaya hidup kita. Perubahan pola hidup masyarakat bumi dipercaya dapat membuat kondisi planet ini lebih baik.

Hal ini selaras dengan tema Earth Day 2021 yaitu Restore the Planet yang bermakna mengembalikan bumi kembali ke kondisinya semula.

Hal ini terinpirasi dari perubahan kondisi Bumi yang menjadi sedikit lebih baik selama pandemi.

Baca juga: Hari Bumi, Ini Penampakan Dampak Perubahan Iklim Selama 37 Tahun

Pembatasan yang dilakukan warga dunia karena pandemi membuat banyak aktivitas terhenti termasuk industri yang selama ini jadi sumber masalah lingkungan.

Hasilnya, bumi mendapatkan break sesaat karena kadar emisi karbon yang turun sementara.

Selain itu, pandemi juga mengajarkan kita menerapkan gaya hidup yang lebih misalnya pengolahan pangan rumahan sampai membuat kompos sendiri di rumah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perilaku yang bisa kamu terapkan untuk merayakan hari bumi sepanjang tahun:

Baca juga: Manfaat Menanam Pohon untuk Diri Sendiri dan Anak Cucu

  • Menanam pohon

Sekarang memang sedang tren memiliki tanaman hias di rumah. Namun tak ada salahnya sedikit memodifikasi hobi baru kita dengan ikut menanam pohon.

Pohon membuat rumah lebih teduh serta mampu membersihkan udara dan mengeluarkan lebih banyak oksigen. Pohon yang rindang juga membuat tampilan rumah lebih indah dan sejuk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X