Kompas.com - 22/04/2021, 13:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan juga bisa kita terapkan dalam perawatan kecantikan. Bukan hanya dilakukan pada tanggal 22 April untuk merayakan Hari Bumi, namun untuk seterusnya.

Usaha mempercantik diri bukan berarti tidak memperdulikan kondisi lingkungan sekitar kita. Hal inilah yang menjadi konsep utama dari sustainable beuaty alias clean beauty.

Ada banyak cara untuk menerapkan konsep sustainable beauty demi bumi yang lebih sehat.

Beberapa diantaranya seperti memilih produk dari merek yang ramah lingkungan dari berbagai aspek, atau mengurangi penggunaan produk sekali pakai seperti kapas dan facial wipes.

Selain itu, salah satu cara mudah yakni memanfaatkan ulang (reuse) wadah sisa kemasan produk kosmetik kita. 

Walau begitu, terkadang jumlahnya yang banyak membuat kita kewalahan dan kehabisan ide untuk memakainya ulang.

Baca juga: Jangan Sembarangan Buang Sampah Kemasan Skincare

Salah satu alternatif yang bisa ditempuh adalah mengembalikan wadah produk ke brand yang bersangkutan. Beberapa brand kecantikan menyediakan program daur ulang untuk memudahkan konsumennya.

Kita bisa menyerahkan sampah sisa kemasan yang kemudian akan dipilah dan brand ini yang bertanggungjawab menyetorkannya untuk diolah kembali. Apa saja brand-nya?

Produk kecantikan ini sudah sejak lama menerapkan konsep ramah lingkungan bagi bisnisnya. Jauh sebelum isu sustainable beauty digaungkan, TBS telah menyediakan program daur ulang bertajuk Bring Back Our Bottle (BBOB).

Konsumen bisa mengembalikan kemasan kosong produk ini ke toko terdekat untuk didaur ulang dan hasil pengolahannya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Kemanusiaan dalam Kemasan Plastik Daur Ulang Pertama The Body Shop

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X