Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Bumi, 5 Brand Kosmetik Ini Menerima Sampah Sisa Produknya

Kompas.com - 22/04/2021, 13:40 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan juga bisa kita terapkan dalam perawatan kecantikan. Bukan hanya dilakukan pada tanggal 22 April untuk merayakan Hari Bumi, namun untuk seterusnya.

Usaha mempercantik diri bukan berarti tidak memperdulikan kondisi lingkungan sekitar kita. Hal inilah yang menjadi konsep utama dari sustainable beuaty alias clean beauty.

Ada banyak cara untuk menerapkan konsep sustainable beauty demi bumi yang lebih sehat.

Beberapa diantaranya seperti memilih produk dari merek yang ramah lingkungan dari berbagai aspek, atau mengurangi penggunaan produk sekali pakai seperti kapas dan facial wipes.

Selain itu, salah satu cara mudah yakni memanfaatkan ulang (reuse) wadah sisa kemasan produk kosmetik kita. 

Walau begitu, terkadang jumlahnya yang banyak membuat kita kewalahan dan kehabisan ide untuk memakainya ulang.

Baca juga: Jangan Sembarangan Buang Sampah Kemasan Skincare

Salah satu alternatif yang bisa ditempuh adalah mengembalikan wadah produk ke brand yang bersangkutan. Beberapa brand kecantikan menyediakan program daur ulang untuk memudahkan konsumennya.

Kita bisa menyerahkan sampah sisa kemasan yang kemudian akan dipilah dan brand ini yang bertanggungjawab menyetorkannya untuk diolah kembali. Apa saja brand-nya?

Produk kecantikan ini sudah sejak lama menerapkan konsep ramah lingkungan bagi bisnisnya. Jauh sebelum isu sustainable beauty digaungkan, TBS telah menyediakan program daur ulang bertajuk Bring Back Our Bottle (BBOB).

Konsumen bisa mengembalikan kemasan kosong produk ini ke toko terdekat untuk didaur ulang dan hasil pengolahannya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Kemanusiaan dalam Kemasan Plastik Daur Ulang Pertama The Body Shop

Untuk setiap satu botol kosong akan ditukar dengan satu poin untuk dikumpulkan. Jika jumlahnya sudah cukup banyak bisa ditukar dengan produk atau potongan harga.

Pertama kali dirilis tahun 2008, program ini sudah berhasil mengumpulkan jutaan kemasan bekas dan meraih penghargaan dari Kementriaan Lingkungan Hidup dan Hutan Indonesia.

  • By Lizzie Parra

Brand kecantikan lokal ini juga menyediakan program daur ulang berjudul There's A Box For That (TABFT). Serupa, setiap kemasan kosong produknya bisa dikembalikan ke gerai terdekat untuk ditukar denga satu stempel.

Ilustrasi kosmetik.ronstik Ilustrasi kosmetik.

Setiap pengumpulan sepuluh stempel, konsumen bisa mendapatkan diskon sebesar Rp25.000 untuk setiap pembelian produk tanpa syarat apapun.

BLP bekerja sama dengan Waste4Change, layanan manajemen sampah, untuk mengelola dan mendaur ulang sisa kemasan yang berhasil dikumpulkan.

Baca juga: Tren Thrifting Shop, Trik Fashionable Sekaligus Peduli Lingkungan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com