Kompas.com - 22/04/2021, 20:21 WIB
Ilustrasi kista, kista ovarium ShutterstockIlustrasi kista, kista ovarium

KOMPAS.com - Kista bisa muncul di setiap organ tubuh, mulai dari otak, hati, ginjal, indung telur, dan lainnya.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, konsultan onkologi, dr M Yusuf, SpOG (K), Onk menjelaskan, kista adalah timbunan cairan pada satu organ di tubuh.

Semakin lama, cairan ini bisa semakin bertambah.

Pada sistem reproduksi, kata Yusuf, kista paling banyak terjadi di indung telur atau dinamakan kista ovarium.

Tak semua kista berbahaya. Yusuf menjelaskan, wanita perlu khawatir jika muncul kista abnormal karena dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

"Itu dikatakan kista cokelat. Dengan adanya kista cokelat, nyeri adalah masalah utama yang dirasakan pasien selain masalah gangguan kesuburan," ujar Yusuf dalam sebuah webinar bertajuk "Wanita Perlu Waspada Kista Ovarium", Kamis (22/4/2021).

"Yang lainnya murni karena peradangan atau secara genetik memiliki potensi mengalami mutasi di dalam sel indung telurnya maka akan memicu pertumbuhan sel kanker apabila ini muncul."

Baca juga: Diderita Rachel Goddard, Kenali Miom dan Kista pada Rahim

Yusuf menyebut, di Amerika Serikat, muncul sebanyak 239.000 kasus kanker indung telur setiap tahunnya. Kematian yang ditimbulkan dari jumah tersebut mencapai 152.000 atau lebih dari 50 persennya.

Hal ini diakibatkan penemuan sel kanker yang sudah terlambat atau sudah pada stadium lanjut.

"Sudah banyak penyebaran untuk organ-organ di perutnya. Berdasarkan ini, saya mengajak semua untuk lebih peduli terhadap kista ovarium," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X