Kompas.com - 23/04/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Mengajarkan anak untuk membaca dan mengembangkan kemampuan literasi sejak dini itu sangat penting.

Apalagi, di masa pandemi ini, anak-anak balita, khususnya, tidak memiliki banyak akses untuk dapat berbagai macam kegiatan seperti bermain di luar rumah.

Psikolog anak, Fathya Artha Utami, MPsi mengatakan, bahwa memasukkan aktivitas membaca dalam rutinitas sehari-hari di rumah dapat mencegah anak balita merasa stres.

"Membaca juga dapat mengasah kemampuan bahasa mereka untuk memahami makna dibalik sebuah kata melalui konteks cerita yang dibaca," kata Fathya dalama acara webinar dan peluncuran program BACA, Jumat (23/4/2021).

Kegiatan membaca dapat memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Baca juga: 5 Tips Mengajarkan Anak Membaca Sejak Dini

Selain itu, kegiatan membaca dapat membantu mengasah imajinasi, empati, dan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di samping menstimulasi pertumbuhan anak, aktivitas membaca juga bisa menjadi sarana hiburan untuk agar tidak mudah bosan dan merasa stres di rumah," terangnya.

Untuk mendapatkan manfaat membaca yang maksimal, Fathya pun merekomendasikan beberapa hal yang perlu diterapkan orangtua saat mengajarkan anak-anak membaca sebagai berikut:

• Pada usia anak 1-2 tahun, orangtua bisa mengajarkan anak untuk memegang buku, mengucapkan kata-kata sederhan dari buku yang dibaca, dan belajar berinteraksi dua arah.

• Pada usia anak 2-3 tahun, orangtua bisa membacakan buku di siang hari maupun malam sebelum tidur dan membuat obrolan seputar buku bacaan yang lebih rinci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X