Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2021, 20:46 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita mungkin sering kali melihat kucing menghindar dari percikan air atau berulah saat hendak dimandikan karena tidak ingin bulunya basah.

Hubungan kucing dengan air yang tidak baik ini kemudian membuat kita penasaran dan bertanya-tanya, mengapa kucing sangat membenci air?

Seorang dokter hewan dari Bideawee, Eve Elektra Cohen, DVM memiliki teori, bahwa kucing memiliki bulu yang tebal, sehingga ketika bulunya basah kucing merasa kedinginan dan tidak nyaman.

Selain itu, bulu kucing juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengering sendiri.

"Aspek ketidaknyamanan lainnya, kucing takut tidak dapat menyeimbangkan tubuhnya di dalam air dan merasa kehilangan kendali," tambahnya.

Takut pada yang tidak dikenal

Ilustrasi kucing mandi, kucingShutterstock/Olleg Ilustrasi kucing mandi, kucing
Kucing menghabiskan sekitar 30-50 persen dari harinya untuk menjilati dan merapikan bulu. Jadi selain wadah airnya, kucing tidak tidak ingin terpapar air yang lebih besar.

Dokter hewan dari Tomlyn Veterinary Science, Jennifer Kasten, DVM mengatakan, reaksi awal kucing saat terkena air adalah ketakutan.

Kucing juga dapat mengangkat hidungnya saat mencium bau yang dideteksi oleh indra penciuman dari bahan kimia dalam air keran.

Kendati demikian, beberapa kucing dapat terpesona oleh keran yang mengalir atau bahkan minum dari air keran yang mengalir.

"Daya tariknya mungkin lebih tentang permainan pergerakan air, kebisingan yang dibuatnya, dan cahaya yang memantulkannya," kata Dr. Cohen.

Pakar hewan yang lain berpikir kucing berevolusi dan lebih memilih air keran yang bersih, serta aman daripada air yang menggenang di luar rumah.

Beberapa ras kucing tidak membenci air

Kucing berpetualang di alam bebasUnsplash/Zoe Gayah Jonker Kucing berpetualang di alam bebas
Beberapa ras kucing seperti Maine coon, Bengal, Abyssinian, atau Turkish Van tidak membenci air karena memiliki tekstur berbeda pada bulunya yang lebih tahan terhadap air.

Sehingga, kucing-kucing tersebut tidak mengalami ketidaknyamanan dan benar-benar menikmati air, bahkan dikenal suka berenang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com