Kompas.com - 24/04/2021, 16:30 WIB
Ada berbagai jenis bekas jerawat, di antaranya bekas jerawar kehitaman, merah, hingga bopeng. SHUTTERSTOCKAda berbagai jenis bekas jerawat, di antaranya bekas jerawar kehitaman, merah, hingga bopeng.

KOMPAS.com - Memiliki kulit sehat dan bercahaya tidak datang begitu saja. Kita harus merawat kulit dan juga memiliki gaya hidup yang sehat.

Selain itu, hindari kebiasaan berikut ini di malam hari agar kulit senantiasa dalam kondisi terbaiknya.

1. Tidak mencuci muka

Jangan malas untuk mencuci muka setelah seharian terpapar polusi, debu, dan memakai make up. Tidak peduli kamu menggunakan riasan ataupun tidak, tetap saja kulit wajah perlu dibersihkan.

“Bahkan jika kamu tidak memakai makeup sekalipun, kamu tetap harus membersihkan muka setiap malam,” kata Desmond Shipp, MD, seorang dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Shipp mengatakan bahwa pada malam hari kulit kita memasuki fase memperbaiki dan membangun kembali. Jika kotoran seperti debu dan produk riasan tidak dibersihkan maka ini akan menyumbat pori-pori, hingga membentuk jerawat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Muka

2. Kurang tidur

Jika waktu tidur kamu kurang dari enam jam maka kulit mempunyai lebih sedikit waktu untuk memperbaikinya.

Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerutan, kulit pucat, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Menurut National Sleep Foundation, kurang tidur juga dapat meningkatkan peradangan dan hormon stres, yang memperburuk kondisi kulit seperti jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.