Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi Bruce Lee, Seniman Bela Diri China Buat 10 Rekor

Kompas.com - 26/04/2021, 13:31 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Seorang seniman bela diri di China, Xie Desheng yang mengidolakan legenda kung fu Bruce Lee, telah membuat 10 rekor dunia yang tercatat Guinness World Records dalam dua tahun.

Dari semua rekor, hampir seluruhnya, kecuali satu, diraih dengan senjata favoritnya, nunchaku, yang digunakan untuk menyalakan dan memadamkan lilin atau menepis bola ping pong.

Pada bulan Desember lalu, kantor Guinness di Beijing mencatatnya karena dia berhasil memukul 35 bola ping pong dalam satu menit selama pertunjukan live-streaming.

Pria berusia 28 tahun itu sudah terinspirasi oleh bintang film Bruce Lee sejak dia masih remaja.

Dia bahkan membeli sepasang nunchaku dari supermarket pada tahun 2009 dan mulai menonton rekaman film Lee berjam-jam di kafe internet di Chaozhou, kota pesisir di bagian timur Hong Kong.

Belajar secara profesional

Xie akhirnya meninggalkan kampung halamannya di Guangdong untuk menguasai nunchaku dan belajar dari para pemula maupun profesional di lima provinsi berbeda sebelum menetap di Shanghai pada tahun 2016.

Dia mengambil pekerjaan sambilan untuk memenuhi kebutuhan dan berkompetisi di sejumlah turnamen seni bela diri.

Xie sekarang menjadi instruktur seni bela diri yang mengajar anak-anak dan orang dewasa, termasuk anggota Kepolisian Bersenjata Rakyat (People's Armed Police) di Shanghai.

"Saya memiliki banyak penyesalan dalam hidup, tetapi seni bela diri menstimulasi sesuatu di dalam diri yang membuat saya ingin menjadi lebih kuat," katanya kepada Newsweek.

"Saya pernah mengalami pasang surut dan bahkan dijauhi oleh beberapa teman saya. Tapi itu tidak menghentikan saya untuk menjadi seniman bela diri," sambung dia.

Membuat rekor

Pada tahun 2019, Xie melihat kesempatan untuk menguji kemampuannya melalui platform Guinness, di mana peserta dari semua lapisan masyarakat terus-menerus memecahkan rekor dunia.

Di bulan Juni tahun itu, dia pun akhirnya membuat rekor dengan memadamkan 52 lilin dalam satu menit menggunakan nunchaku.

Setelah itu, enam bulan kemudian dia kembali berhasil memadamkan 70 lilin.

Halaman:
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com