Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Langkah Mudah Cegah Kenaikan Berat Badan di Bulan Puasa

Kompas.com - 26/04/2021, 15:43 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Al Arabiya

KOMPAS.com - Bulan Ramadan identik dengan acara buka bersama atau bukber. Di tengah pandemi, kegiatan bukber mengalami perbedaan.

Kebanyakan orang memilih untuk bukber bersama orang terdekatnya dalam jumlah terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular penyakit.

Kendati demikian, ada satu hal yang tak boleh luput dari perhatian yakni porsi dan jenis makanan yang disantap saat berbuka.

Biasanya saat bukber yang disajikan adalah berbagai makanan lezat. Misalnya gorengan, makanan manis, dan aneka makanan lainnya yang tinggi kalori.

Beberapa orang mungkin menjadi 'lapar mata' saat melihat hidangan yang disajikan sehingga ingin menyantap semuanya. Malah ada yang makan dalam porsi besar.

Kebiasaan ini ternyata dapat membuat berat badan bertambah selama bulan puasa dan pada gilirannya malah berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Batasi Berbuka Puasa dengan Gorengan, Lemaknya Tinggi

Guna mencegah hal ini, tak ada salahnya mengikuti beberapa tips jitu berikut ini.

1. Pastikan mengonsumsi protein dan sayuran dalam porsi cukup. Konsumsi pula karbohidrat kompleks dalam jumlah sedang selama buka puasa dan sahur.

2. Hindari makanan yang digoreng. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang dipanggang atau dikukus untuk membatasi konsumsi jumlah minyak.

3. Hindari menambah asupan kalori lewat minuman yang manis seperti jus dan minuman ringan lainnya.

4. Hindari terlalu banyak makan kurma, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Meski sehat, beberapa buah tetap tinggi kalori.

5. Hindari makan berlebihan di luar rasa kenyang. Selalu dengarkan tubuh dan berhentilah makan saat merasa kenyang, bukan kekenyangan.

6. Pastikan bahwa setidaknya 70 persen camilan adalah makan sehat. Tidak ada salahnya memanjakan lidah. Tetapi batasi jumlah makanan manis yang dikonsumsi..

7. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang tepat saat merasa lapar. Hindari mengemil permen atau kue kering.

8. Hindari menyediakan terlalu banyak pilihan dan variasi makanan untuk buka puasa atau sahur. Sebab hal itu malah memicu keinginan untuk makan banyak.

9. Jangan lupa untuk tetap rutin berolahraga. Selama puasa, kurangi intensitas latihan dan usahakan untuk berolahraga tiga hingga empat kali seminggu.

10. Cobalah untuk tetap aktif sepanjang bulan puasa dan berjalan setidaknya 10.000 langkah sehari.

Baca juga: 5 Cara Ampuh agar Puasa Menjadi Lebih Mudah dan Sehat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com