Kompas.com - 26/04/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi bercermin shutterstockIlustrasi bercermin
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berat badan ternyata bisa memengaruhi hasrat seksual seseorang.

Lenyapnya dorongan seksual tak semata-mata dipengaruhi daya tarik pasangan, tetapi bisa pula terjadi karena kelebihan berat badan.

Kondisi ini terjadi karena peningkatan berat badan dapat menyebabkan peningkatan globulin hingga mengakibatkan penurunan hormon testosteron.

Globulin merupakan salah satu bagian utama protein dalam darah, yang berguna untuk sirkulasi ion, hormon dan asam lemak.

Nah, menurunnya hormon testosteron berimbas pada hasrat seksual dan libido, yang pada akhirnya dapat memengaruhi dorongan seks.

Selain itu, berdasarkan penelitian, dorongan seks seringkali terkait dengan citra tubuh dan kepercayaan diri.

Pada bagian ini, kelebihan berat badan dapat membuat orang merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya.

Sebaliknya, orang yang bugar dan sehat biasanya menunjukkan rasa percaya diri lebih.

Baca juga: Hati-hati, Hasrat Bercinta Bisa Padam karena Kegemukkan

Lebih jauh, berat badan berlebih terkadang dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria. Sebab, mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi, yang bisa memicu disfungsi ereksi.

Kelebihan berat badan juga bisa mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah ke kelamin tidak lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X