Kompas.com - 27/04/2021, 11:40 WIB
Ilustrasi mandi torwaiIlustrasi mandi

KOMPAS.com - Mandi air dingin sudah sejak lama dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Mandi air dingin yang dimaksud adalah mandi dengan suhu air yang sangat dingin, bukan air keran biasa.

Namun, suhu dingin yang dipakai seharusnya bukan yang menyiksa atau membuat sakit di kulit. Kamu bisa menurunkan suhu air secara bertahap sampai terasa nyaman.

Mandi air dingin memang tidak dimaksudkan untuk menyembuhkan kondisi kesehatan apa pun atau menggantikan perawatan medis.

Namun, tak ada salahnya mencoba mandi air dingin untuk mengurangi keluhan berikut:

Baca juga: Lebih Baik Cuci Muka Pakai Air Dingin atau Air Hangat?

1. Dapat menenangkan kulit yang gatal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air dingin dapat menenangkan kulit yang mengalami eksim, psoriasis, terbakar sengatan matahari, atau reaksi alergi.

“Air dingin dapat membantu mengurangi sensasi gatal pada kulit,” kata Stacy Chimento, MD, dokter kulit di Riverchase Dermatology, Florida.

Selain itu, air dingin juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi, sedangkan mandi air panas dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Penting untuk diperhatikan, meskipun air dingin biasanya membantu meredakan gejala, tetapi ia tidak sepenuhnya mengatasi kondisi penyakit kulit yang mendasarinya. Periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat.

Baca juga: Turun Berat Badan Bisa Sebabkan Kulit Gatal, Ini 3 Penyebabnya

2. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Usus memiliki peran yang penting termasuk menajga daya tahan tubuh. Usus manusia dapat memengaruhi sistem kekebalan, tidur, fungsi jantung dan otak, dan banyak lagi. 

"Tubuh kita secara alami bereaksi terhadap mandi air dingin dengan meningkatkan detak jantung, yang pada gilirannya memompa darah kita lebih cepat ke seluruh tubuh kita," kata praktisi pengobatan fungsional Inna Lukyanovsky, PharmD.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.