Kompas.com - 27/04/2021, 14:47 WIB
Ilustrasi kecanduan obat. consciencespeaks.orgIlustrasi kecanduan obat.

KOMPAS.com - Ketergantungan narkoba bisa menjadi masalah serius dalam sebuah hubungan. Efeknya bisa bertahan lama dan membahayakan jika tidak ditangani dengan benar.

Masalah ketergantungan obat-obatan bukan hanya pelanggaran hukum, perilaku ini juga bisa membuat kita terjebak dalam hubungan yang toksikPasalnya, orang yang kecanduan narkoba akan kehilangan prioritas dalam hidupnya karena pengaruh zat tersebut. 

Akibatnya, mereka kerap tidak lagi memiliki sikap bertanggung jawab, baik pada dirinya sendiri maupun terhadap kita sebagai pasangannya.

Erin O'Neil, salah satu pakar di Mountainside Treatment Center, pusat rehabilitasi di Amerika Serikat ada perubahan prioritas dalam pola pikir pengguna.

Baca juga: Marak Kasus Artis Tanah Air Terjerat Narkoba, Polisi: Kami Akan Kejar sampai Kapan Pun

 

"Sistem saraf di otak terganggu karena zat tersebut sehingga ada hal-hal yang tidak lagi menyenangkan seperti dulu," terangnya, dikutip dari laman Web MD.

Karena itu, ada baiknya kita mempertimbangkan kembali untuk tetap menjalin hubungan dengan orang yang ketergantungan obat-obatan. Efeknya begitu besar dan berlapis sehingga bisa mempengaruhi masa depan kita.

  • Tidak lagi dianggap penting

Pengguna narkoba begitu kecanduan dengan zat tersebut sehingga menjadikannya sebagai hal utama dalam hidup mereka. Karena itu, berbagai hal lainnya, termasuk kita sebagai pasangan, sudah tak lagi penting.

Baca juga: 7 Cara Bikin Hidup Bebas dari Hubungan Toksik

  • Tidak memiliki rasa percaya

Pakar ketergantungan narkoba, Aaron Sternlich mengatakan kecanduan bisa menjadi akar masalah kepercayaan terhadap orang tersebut. "Alasannya karena mereka kerap berbohong, mencuri, memanipulasi, atau menipu untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan," ujarnya.

Hal ini tentu membuat kita tak lagi percaya dengan pasangan karena pengalaman buruk tersebut. Meski sudah dalam proses penyembuhan, masih banyak yang sudah tak bisa percaya lagi dengan pasangannya.

Kurangnya kepercayaan bisa membuat hubungan memburuk dan rentan akan berbagai konflik lainnya.

Baca juga: Kenali Kecenderungan Pasangan KDRT Sejak Pacaran

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X