Kompas.com - 27/04/2021, 16:47 WIB
Ilustrasi anjing peliharaan shutterstockIlustrasi anjing peliharaan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cinta tanpa syarat yang kita terima dari seekor anjing mungkin menjadi alasan mengapa kita senang memeliharanya.

Namun, terlepas dari semua itu, anjing memiliki beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak biasa seperti makan rumput, mengendus bokong satu sama lain, dan bersandar pada pemiliknya tanpa alasan.

Bersandar mungkin merupakan perilaku aneh yang paling kerap terlihat, terutama pada anjing besar yang mungkin terlalu berat untuk diangkat. Jadi, kenapa ya anjing suka bersandar pada pemiliknya?

Mencari kasih sayang

Manajer perilaku hewan di Operation Kindness, Karen Reese mengatakan, bahwa salah satu alasan anjing bersandar adalah karena menginginkan kasih sayang dari pemiliknya.

Banyak ahli hewan juga percaya kalau anjing bersandar pada pemiliknya itu sebagai tanda cinta dan anjing mencari sentuhan seperti yang dirasakan manusia terhadap orang yang mereka cintai.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat kita memberi belaian di belakang telinga dan pelukan, maka anjing peliharaan kita otomatis akan bersandar sebagai bentuk kasih sayang.

"Anjing merupakan hewan kawanan yang mengalami domestikasi dari serigala sejak berabad-abad dengan perilaku mencari kedekatan secara alami," terang Abhishek Joshi dari Dog With Blog.

"Saya selalu menemukan anjing saya bersandar pada saya atau meletakkan kakinya dengan lembut di kaki saya untuk mencari perhatian atau kasih sayang," lanjut dia.

Baca juga: Anjing Harus Sering Diajak Bermain, ini Alasannya

Merasa takut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X