Kompas.com - 28/04/2021, 04:23 WIB

KOMPAS.com - Tak seperti kucing yang punya kesan lucu dan menggemaskan, anjing cenderung memberi kesan galak dan menakutkan bagi sebagian orang. Apalagi jika itu anjing liar.

Namun, pernahkah kalian menyadari bahwa anjing justru kerap mendekati orang-orang yang takut dengannya?

Ternyata, hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah.

Melansir berbagai sumber, para pakar yang telah mempelajari anjing dan kemampuan indera penciumannya menemukan bahwa anjing sebetulnya tidak bisa benar-benar mengenali emosi takut seseorang.

Namun, anjing bisa mendeteksi bau serta melihat gerakan dan postur tubuh manusia di depannya. Kemampuan itu membantu anjing untuk mengenali apakah manusia tersebut gugup, cemas, atau takut.

Bahkan, sekalipun kita berpura-pura memasang wajah tenang ketika ketakutan, anjing masih bisa merasakan rasa takut kita. Duh!

Baca juga: Anjing juga Bisa Merasa Cemburu dengan Saingannya

Sebab, sama seperti hewan, manusia juga mengalami perubahan fisiologis sebagai respons dari kejadian -dalam hal ini respons fight or flight, seperti perubahan laju pernapasan dan keringat.

Selain itu, tubuh kita secara tidak sengaja akan mengeluarkan zat kimia yang disebut feromon ketika kita dalam kondisi waspada dan hormon-hormon lainnya.

Anjing memiliki kemampuan penciuman yang liar biasa.

Anjing bloodhound, misalnya, memiliki kemampuan penciuman hebat yang setidaknya 1.000 kali lebih kuat daripada indera penciuman manusia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.