Kompas.com - 28/04/2021, 07:54 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.com - Penderita diabetes dianjurkan menjaga asupan makanannya selama bulan Ramadhan agar terhindar dari risiko retinopati diabetik.

Diabetes menjadi salah satu penyakit mematikan karena kerap memicu komplikasi. Kadar gula yang tidak stabil karena pola makan yang berubah bisa menyebabkan kerusakan organ dalam.

Kondisi ini membuat ibadah puasa memiliki risiko tersendiri bagi penderita diabetes. Perubahan pola makan selama bulan Ramadhan bisa memicu kenaikan kadar gula dalam darah.

Untuk itu, perencanaan berpuasa menjadi kunci bagi penderita diabetes agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa dan terhindar dari risiko penyakit lanjutan lainnya.

Dr. Suharko Soebardi, SpPD - KEMD, Internist layanan kesehatan JEC Eye Hospitals and Clinics, menyebutkan pentingnya berkonsultasi dengan dokter ahli agar kondisi penderita terus terpantau.

Tujuannya termasuk memastikan sejauh mana batasan berpuasa yang memungkinkan. Ia menilai perencanaan puasa seseorang sangat krusial dan individual sehingga tidak bisa disamakan.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan modifikasi porsi apa pun termasuk dosis obat berdasarkan hasil pemeriksaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain itu, monitoring gula juga perlu lebih sering dilakukan," jelasnya dalam sesi diskusi daring bertajuk Pengaruh Puasa Ramadan pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes pada Selasa (27/04/2021).

Salah satu komplikasi yang paling dikhawatirkan adalah kebutaan yang diakibatkan kadar gula tak terkontrol.

Baca juga: Puasa bagi Penderita Diabetes, Amankah?

Dr. Martin Hertanto, SpM, Medical Retina, Vitreo-Retina, and Cataract Specialist di JEC Eye Hospitals and Clinics mengatakan secara umum puasa tidak memberikan pengaruh pada kondisi bola mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X