Kompas.com - 28/04/2021, 14:16 WIB
Ilustrasi kadar gula darah Dok. ShutterstockIlustrasi kadar gula darah

KOMPAS.com - Meski berpuasa punya manfaat kesehatan, namun penderita penyakit diabetes harus melakukan beberapa penyesuaian untuk menjaga kondisi tubuhnya selama beribadah puasa.

Penyakit diabetes disebabkan gangguan kadar hormon insulin dalam tubuh. Akibatnya, kadar gula dalam tubuh bertumpuk dan berisiko merusak berbagai organ tubuh lainnya sehingga menyebabkan komplikasi.

Gejala diabetes yang sudah umum diketahui antara lain berat badan menurun drastis, cepat merasa lelah, mudah ngantuk, dan kerapkali timbul abses yang lama sembuhnya.

Namun ada ciri-ciri penyakit diabetes lainnya yang juga perlu disadari yakni sering buang air kecil di malam hari, penglihatan kabur dan ibu yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari empat kilogram.

Baca juga: Waspadai Berat Badan Turun yang Menjadi Gejala Diabetes

Dr. Suharko Soebardi, SpPD, Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Endokrinologi mengatakan penderita diabetes mengalami perubahan fisiologis selama berpuasa. Hal ini disebabkan perubahan beban kerja pada sistem metabolisme energi, penurunan gula darah selama puasa, dan asupan cairan yang berkurang.

"Bagi mereka penyandang diabetes, ada beberapa catatan yang harus dipatuhi selama berpuasa," jelasnya.

Untuk lebih jelasnya, ada lima hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pola makan teratur

Suharko mengatakan penderita diabetes harus makan sahur dekat dengan waktu imsak dan menyegerakan berbuka puasa. Tujuannya agar tubuh memiliki asupan nutrisi yang memadai selama durasi berpuasa.

Usahakan agar pola makan tidak berubah drastis dibandingkan sebelum berpuasa. Jangan sampai melewatkan waktu makan agar tubuh tidak kekurangan asupan.

Baca juga: 5 Mitos yang Salah soal Penyakit Diabetes, Jangan Mudah Percaya

  • Asupan makanan yang tepat

Penderita diabetes harus mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat makan sahur seperti nasi, ubi dan gandum. 

Ilustrasi menyiapkan sahur.SHUTTERSTOCK/DOTSHOCK Ilustrasi menyiapkan sahur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X