Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Makan Sehat Selama Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Kompas.com - 28/04/2021, 14:16 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski berpuasa punya manfaat kesehatan, namun penderita penyakit diabetes harus melakukan beberapa penyesuaian untuk menjaga kondisi tubuhnya selama beribadah puasa.

Penyakit diabetes disebabkan gangguan kadar hormon insulin dalam tubuh. Akibatnya, kadar gula dalam tubuh bertumpuk dan berisiko merusak berbagai organ tubuh lainnya sehingga menyebabkan komplikasi.

Gejala diabetes yang sudah umum diketahui antara lain berat badan menurun drastis, cepat merasa lelah, mudah ngantuk, dan kerapkali timbul abses yang lama sembuhnya.

Namun ada ciri-ciri penyakit diabetes lainnya yang juga perlu disadari yakni sering buang air kecil di malam hari, penglihatan kabur dan ibu yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari empat kilogram.

Baca juga: Waspadai Berat Badan Turun yang Menjadi Gejala Diabetes

Dr. Suharko Soebardi, SpPD, Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Endokrinologi mengatakan penderita diabetes mengalami perubahan fisiologis selama berpuasa. Hal ini disebabkan perubahan beban kerja pada sistem metabolisme energi, penurunan gula darah selama puasa, dan asupan cairan yang berkurang.

"Bagi mereka penyandang diabetes, ada beberapa catatan yang harus dipatuhi selama berpuasa," jelasnya.

Untuk lebih jelasnya, ada lima hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pola makan teratur

Suharko mengatakan penderita diabetes harus makan sahur dekat dengan waktu imsak dan menyegerakan berbuka puasa. Tujuannya agar tubuh memiliki asupan nutrisi yang memadai selama durasi berpuasa.

Usahakan agar pola makan tidak berubah drastis dibandingkan sebelum berpuasa. Jangan sampai melewatkan waktu makan agar tubuh tidak kekurangan asupan.

Baca juga: 5 Mitos yang Salah soal Penyakit Diabetes, Jangan Mudah Percaya

  • Asupan makanan yang tepat

Penderita diabetes harus mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat makan sahur seperti nasi, ubi dan gandum. 

Ilustrasi menyiapkan sahur.SHUTTERSTOCK/DOTSHOCK Ilustrasi menyiapkan sahur.

Sedangkan untuk berbuka puasa, hindari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan lemak. Akan lebih baik jika memperbanyak karbohidrat seperti buah dan sayuran.

Dokter Suharko berpendapat boleh saja menikmati makanan manis sebagai takjil namun tidak berlebihan. Batasannya sangat individual, karena itu sebaiknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing dan hanya secukupnya saja untuk kebutuhan pengembalian energi.

Baca juga: Mengolah Sirup dari Bahan Alami untuk Takjil, Segar dan Aman untuk Tubuh

  • Minum cukup air

Berpuasa bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga mengubah kekentalan darah pengidap diabetes. Karena itu pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian selama puasa.

Jika perlu, minum lebih banyak air agar tubuh tidak dehidrasi. Selain itu, hindari minuman yang menyebabkan lebih sering buang air kecil. Beberapa diantaranya seperti kopi, alkohol dan soda.

  • Kurangi aktivitas fisik

Untuk menjaga kondisi tubuh, akan lebih baik mengurangi aktivitas fisik selama Bulan Ramadhan. "Khususnya menjelang buka puasa, hindari aktivitas berlebihan," ujar dokter yang berpengalaman puluhan tahun ini.

Baca juga: 5 Kondisi yang Menentukan Pasien Diabetes Boleh Puasa Ramadhan atau Tidak

  • Konsultasi dokter

Penderita diabetes perlu memantau kadar glukosa dalam darahnya secara mandiri, terutama di pertengahan hari dan menjelang berbuka puasa. Setelah itu, sampaikan hasilnya kepada dokter untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Dalam beberapa kasus, dokter akan melakukan penyesuaian dosis dan jadwal minum obat dengan perubahan kadar gula selama berpuasa ini.

Jika merasa tidak sehat, disarankan untuk tidak berpuasa demi menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Penderita Diabetes Perlu Perencanaan Puasa untuk Cegah Komplikasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com