Kompas.com - 28/04/2021, 15:27 WIB
Ilustrasi memanggang kue ShutterstockIlustrasi memanggang kue

KOMPAS.com - Air fryer tidak hanya bisa digunakan untuk menggoreng makanan, namun juga untuk membuat kue.

Banyak orang yang tertarik membuat kue sendiri menjelang perayaan Idul Fitri. Namun keinginan ini biasanya terkendala tidak memiliki oven untuk memanggang kue.

Sebenarnya ada banyal metode alternatif yang bisa dipakai untuk membuat kue, termasuk menggunakan air frayer. Ya, alat menggoreng yang diklaim lebih sehat ini bisa dipakai untuk membuat kue kering maupun cake.

Daripada membuang uang hanya untuk membeli oven demi membuat satu atau dua jenis kue, akan lebih baik jika kita memanfaatkan air fryer.

Baca juga: 7 Cara Membuat Kue Kering Lebaran Anti Gagal, Hasil Renyah dan Tidak Keras

Cara ini juga bukan tindakan yang berbahaya dan sangat mungkin dilakukan dengan kapasitas air fryer yang kita miliki.

Kebanyakan resep kue untuk pemula bisa dibuat dengan bantuan alat elektronik ini. Dikutip dari laman brand Philip, ada beberapa jenis kue yang bisa dipanggang di alat ini termasuk cream brulee, cookies, cupcakes, dan pai apel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun harus diingat jika tidak semua jenis kue bisa dipanggang di alat ini. Selain itu, kita harus melakukan beberapa penyesuaian karena kebanyakan panduan resep menggunakan oven sebagai alat pemanggangnya.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memanggang kue dengan air fryer antara lain:

Baca juga: Omzet Bisnis Kue Kering Meningkat Pesat Saat Pandemi

  • Kurangi suhunya

Kurangi suhu yang disarankan dalam resep kue jika kita memanggang dengan air fryer. Secara umum, kita disarankan untuk menurunkan suhunya sebebsar 14 derajat.

Panas yang dihasilkan oven dan air fryer berbeda karena mekanisme mesinnya karena itu perlu ada penyesuaian untuk mendapatkan hasil baking yang optimal.

Ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak. SHUTTERSTOCK/VENUS ANGEL Ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.