Kompas.com - 29/04/2021, 10:46 WIB
Ilustrasi olahraga AmazfitIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berolahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan yang sudah lama dianjurkan agar kita tetap bugar dan bahagia.

Karenanya, meskipun menjalankan puasa, kita tetap disarankan berolahraga agar kondisi tubuh tetap prima dan kondisi imunitas tetap terjaga.

Walau saat menjalankan Ibadah puasa kita sering merasa lemas, berolahraga masih mungkin dilakukan dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa tips berikut :

1. Waktu olahraga

Memperhatikan kapan waktu olahraga yang tepat saat menjalankan puasa merupakan hal yang sangat penting, karena jika tidak dilakukan di waktu yang benar, seseorang justru bisa mengalami kelelahan fisik berlebih.

Terdapat 3 waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan ramadan, antara lain pada saat sebelum sahur, setelah buka puasa, dan setelah Isya.

Intinya, lakukan olahraga di saat kita kemudian bisa minum agar cairan yang hilang bisa digantikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lamanya berolahraga pun harus dibatasi kurang dari 60 menit sekali latihan dan untuk olahraga kardio disarankan hanya sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Tiga Pilihan Waktu Olahraga di Bulan Puasa, Kamu Pilih Mana?

2. Asupan makanan

Pada saat bulan ramadan, waktu mengkonsumsi makanan kita dibatasi pada saat sahur dan berbuka puasa. Sekalipun secara kuantitas berkurang, namun disarankan untuk tetap memilih makanan bernutrisi guna memenuhi kebutuhan tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.