Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Digital, Inilah Jenis Pekerjaan yang Bisa Dijalani dari Rumah

Kompas.com - 29/04/2021, 12:16 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini orang menginginkan pekerjaan yang bisa fleksibel, baik menyangkut waktu maupun tempat.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, ditambah situasi pandemi yang terjadi, sebagian besar orang pada akhirnya harus bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Untuk urusan penghasilan, beberapa jenis profesi atau pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah rupanya terbilang menjanjikan.

Di bawah ini, kami merangkum profesi apa saja yang bisa dijalani dari rumah dan membuat kita cepat mengumpulkan banyak uang, tanpa pesugihan.

Baca juga: Ramai soal Dugaan Babi Ngepet di Depok, Berikut Asal Mula Mitosnya

1. Penulis lepas

Bekerja sebagai penulis lepas, baik content writer maupun technical writer relatif menjanjikan, apalagi pekerjaan itu bisa dilakukan dari rumah dengan koneksi internet yang memadai.

Jika kita memiliki gaya bahasa yang unik dan menarik, cobalah menawarkan keahlian kita dalam menulis kepada pihak yang ingin mempromosikan produknya dengan menjadi copywriter.

Selain itu, ada juga yang disebut technical writer. Tugasnya adalah membuat panduan terkait cara pemakaian dan perawatan sebuah alat, dengan menyertakan foto, gambar, diagram, tabel dan sketsa.

Ketika kita memutuskan untuk menjadi technical writer, maka kita harus membangun hubungan dengan pihak dan ahli yang terkait dan terlibat dalam pembuatan barang yang kita tulis nantinya.

Baca juga: Tips Riset untuk Menulis Novel agar Menarik

2. Desainer grafis

Jika kita memiliki keahlian dalam menggambar desain, berbanggalah. Sebab, banyak perusahaan sedang mencari orang yang menguasai desain grafis untuk bekerja dalam proyek singkat atau lama.

Mulai dari event organizer, restoran, hingga perusahaan startup, semua membutuhkan orang yang ahli di bidang desain grafis.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Tidak perlu pergi ke kantor, karena pekerjaan ini bisa dilakukan secara online dari rumah. Apa yang penting adalah, kita menguasai penggunaan software seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Illustrator.

Baca juga: Membanggakan! Ilustrator Indonesia Juara Kompetisi Poster Terminator: Dark Fate

3. Penerjemah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com