Kompas.com - 29/04/2021, 18:03 WIB
Ilustrasi meditasi di bawah pohon Dmytro ShestakovIlustrasi meditasi di bawah pohon

KOMPAS.com - Berbicara mengenai perawatan diri bukan hanya sekadar tentang penampilan. Sering kali merawat diri diidentikkan dengan memakai skincare atau pergi ke salon.

Padahal merawat diri lebih dari itu karena penting untuk kesehatan fisik dan mental.

"Perawatan diri berarti mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan," kata ahli kesehatan Sandra Darling, DO, MPH.

Banyak orang, terutama wanita, cenderung mengutamakan orang lain. Misalnya saja anak, pasangan, orang tua, teman, bahkan hewan peliharaan.

Tak jarang hal itu membuat mereka lupa untuk merawat dirinya. Bahkan ada yang merasa aneh bila harus melakukan perawatan karena terbiasa merawat orang lain.

Dr. Darling mengatakan, sudah waktunya setiap orang untuk memandang perawatan diri secara berbeda dan coba melakukannya walau terasa canggung.

"Jika seseorang tidak merawat dirinya sendiri dengan baik, tubuh akan memberi tahu dengan cara yang negatif," katanya.

“Perawatan diri berarti meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri," tambah Dr. Darling.

Dia mengatakan, perawatan diri penting dilakukan khususnya bagi yang mengalami stres kronis karena dapat merusak kesehatan.

Stres kronis melemahkan sistem kekebalan dan membuat tubuh meradang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X