Kompas.com - 30/04/2021, 05:05 WIB
Ilustrasi korban bullying shutterstockIlustrasi korban bullying
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anak di usia remaja berada pada masa-masa yang sulit. Kondisi anak yang masih labil dan masalah lain pada anak akan membuat orangtua kesulitan.

Salah satu yang harus diperhatikan orangtua adalah kasus perundungan atau bullying yang marak terjadi pada anak di usia remaja. Jika tidak diatasi, maka bullying dapat berdampak pada mental sekaligus perilaku anak nantinya.

Anak yang mengalami perundungan dan bentuk agresi lain di masa remaja akhir hingga awal masa dewasa berpotensi membayangkan atau berfantasi tentang menyakiti hingga menghilangkan nyawa pelakunya atau orang lain, menurut studi terbaru.

Studi itu dilakukan oleh tim peneliti di University of Cambridge, dan dimuat ke dalam jurnal Aggressive Behavior.

Menurut studi tersebut, anak yang menjadi korban bullying dan agresi lain di akhir masa remaja dan awal masa dewasa dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan untuk melamun atau berfantasi tentang menyakiti atau membunuh orang.

Berdasarkan temuan para peneliti, terlihat banyak anak membayangkan tindakan mencelakakan orang lain.

Akan tetapi, hanya sedikit yang diketahui terkait proses di balik fantasi kekerasan yang ada pada anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mari Kenali dan Cegah Bullying Sebelum Menyesal...

Tim yang dipimpin oleh seorang profesor University of Cambridge melacak pemikiran dan pengalaman yang dilaporkan oleh 1.465 anak muda berusia 15, 17, dan 20 tahun dari berbagai sekolah di Zurich, Swiss.

Peneliti mengumpulkan data tentang apakah partisipan memiliki fantasi kekerasan dalam 30 hari terakhir, dan jenis penindasan atau agresi yang dialami partisipan selama 12 bulan terakhir.

Mereka menggunakan kuesioner untuk menyelidiki tingkat agresi seperti penghinaan, pemukulan, atau pembunuhan, dan target yang dibayangkan anak, apakah orang asing atau teman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.