Kompas.com - 30/04/2021, 06:35 WIB
Ilustrasi haus shutterstockIlustrasi haus

KOMPAS.com - Kekurangan cairan atau dehidrasi karena tidak minum cukup air dapat menyebabkan sejumlah efek buruk bagi kesehatan, termasuk otak.

Salah satu tanda pertama dehidrasi adalah kabut otak yakni kondisi ketika tidak bisa berkonsentrasi dan sulit mengingat sesuatu.

Dehidrasi dapat memengaruhi kemampuan kognitif, terlebih 73 persen otak terdiri dari air. Selain itu, tidak minum cukup air juga dapat memengaruhi suasana hati.

Menurut suatu studi 2018 yang diterbitkan dalam World Journal of Psychiatry, dehidrasi dapat membuat seseorang merasa tertekan dan cemas.

Hasil ini didapat setelah para peneliti menanyai 3.327 orang dewasa tentang asupan air. Peneliti meminta peserta menilai suasana hatinya pada skala depresi dan kecemasan.

Peneliti menemukan, orang yang minum dua gelas air putih atau kurang per hari melaporkan tingkat depresi yang jauh lebih tinggi.

Beda halnya dengan orang yang minum lima gelas air putih atau lebih setiap hari.

Bahkan orang yang minum 3-4 gelas air putih per hari, menilai suasana hatinya lebih baik daripada kelompok yang mengalami dehidrasi.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition mengatakan, air dan suasana hati sangat terkait. Bahkan meskipun yang terjadi hanya dehidrasi sangat ringan.

Baca juga: 8 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Kurang Minum

Dalam penelitian tersebut, sebanyak 25 perempuan muda yang sehat diminta melakukan latihan yang sama selama tiga hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X