BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace

Agar Tak Sekadar Lewat, Gunakan Gaji Pertama untuk Beli 3 Barang Ini

Kompas.com - 30/04/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi belanja dengan gaji pertama. Dok. Shutterstock/Luis MolineroIlustrasi belanja dengan gaji pertama.

KOMPAS.com – Bagi seorang first jobber, diterima bekerja di perusahaan ternama merupakan hal yang membanggakan. Apalagi, jika pekerjaan yang didapat sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni saat kuliah. Hal tersebut bisa menjadi sebuah kebahagiaan yang tak terlupakan.

Kebahagiaan tersebut bakal berlipat saat menerima gaji pertama. Pasalnya, gaji tersebut merupakan hasil jerih payah dan usaha sendiri yang didapat pertama kali.

Mendekati hari gajian, first jobber biasanya telah membuat rencana dengan gaji yang diterima. Umumnya, mereka berencana untuk membeli barang-barang yang selama ini diinginkan sebagai bentuk self-love, pergi makan ke restoran terbaru, atau memberikan sebagian kepada orangtua.

Membelanjakan gaji pertama untuk hal demikian memang sah-sah saja. Namun, jangan sampai gaji pertama habis sebelum waktunya. Perhitungkan juga pengeluaran untuk kebutuhan utama selama satu bulan ke depan. Jangan lupakan pula menabung dan investasi.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Lho Cara Mengatur Gaji Pertama

Anthony Badillo dari Gen Y Planning, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Sabtu (11/5/2019), merekomendasikan metode 50-30-20 untuk mengelola gaji. Sebesar 50 persen dari gaji dapat digunakan untuk kebutuhan selama satu bulan, seperti makan, transportasi, dan membayar uang sewa.

Lalu, sebesar 30 persen gaji digunakan untuk menabung dan membayar utang. Jumlah tersebut juga bisa dialokasikan untuk mempersiapkan masa pensiun. Meski terkesan terlalu dini, jika disiplin, kamu dapat menikmati hasil jerih payah dengan jumlah yang cukup besar saat pensiun nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sisanya, 20 persen sisa gaji digunakan untuk belanja hal yang diinginkan atau hiburan. Namun, untuk urusan pengeluaran ini, first jobber terkadang bingung memilih barang atau hiburan yang ingin dibelanjakan dari gaji pertama. Alhasil, uang tersebut dibelanjakan secara sembarangan sehingga menguap begitu saja.

Supaya lebih berkesan dan memiliki kenangan, gaji pertama bisa digunakan untuk membeli barang bagi diri sendiri sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian yang diraih. Berikut tiga barang rekomendasi yang bisa dibeli dengan uang dari gaji pertama.

Gawai penunjang pekerjaan

Barang pertama yang bisa kamu beli dengan gaji pertama adalah gawai, seperti smartphone. Kamu bisa memilih smartphone dengan spesifikasi yang dapat menunjang pekerjaan, misalnya ponsel dengan kapasitas penyimpanan besar.

Baca juga: Milenial dan Gen Z, Begini Cara Cerdas Belanjakan Gaji Pertama

Dengan ponsel pintar seperti itu, kamu tak perlu khawatir saat harus menyimpan data pekerjaan yang memakan banyak memori.

Jika pekerjaan kamu berhubungan dengan fotografi, pilih smartphone dengan fitur kamera canggih.

Begitu pula jika pekerjaan kamu berkaitan dengan teknologi informasi yang membutuhkan kecepatan tinggi, pilih ponsel pintar dengan spesifikasi mumpuni, seperti chipset yang cepat dan kapasitas RAM yang besar.

Selain smartphone, kamu juga dapat membeli gawai lain, seperti laptop dan tablet. Dengan adanya gawai-gawai tersebut, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan kantor di mana saja dan kapan saja.

Logam mulia

Logam mulia bisa jadi salah satu barang yang bisa kamu beli dengan gaji pertama. Dengan membeli logam mulia, secara tidak langsung kamu juga telah melakukan investasi.

Baca juga: Simak Prospek Logam Mulia Paling Cuan hingga Akhir 2020

Kamu dapat membeli logam mulia dalam bentuk batangan maupun digital. Kedua jenis ini sama-sama memiliki keunggulan sebagai instrumen investasi.

Logam mulia dianggap sebagai instrumen investasi yang menguntungkan dan dirasa paling aman bagi pemula. Sebab, harga emas semakin tinggi tiap tahun dan nilainya tak tergerus oleh inflasi. Selain itu, logam mulia juga bersifat likuid atau mudah dicairkan.

Perhiasan dari Moela CollectionDok. The Palace Perhiasan dari Moela Collection

Perhiasan

Barang ketiga yang dibeli dengan gaji pertama ialah perhiasan emas. Bagi para wanita, membeli perhiasan emas pertama kali dengan uang sendiri menjadi hal yang tak terlupakan.

Salah satu perhiasan wanita yang disukai banyak orang ialah cincin emas. Tak hanya menjadi lambang cinta, cincin juga melambangkan kemandirian. Jadi, tidak ada salahnya membeli cincin dengan uang hasil keringat sendiri.

Kamu dapat memilih cincin emas dengan desain yang sesuai dengan kepribadian. Bagi first jobber, cincin emas wanita yang simpel dan fashionable menjadi favoritnya.

Oleh sebab itu, cincin dengan sematan berlian dan berdesain modern dari Moela Collection dapat menjadi pilihan. Cincin emas model terbaru dari The Palace ini tampak cantik saat dikenakan di jari manis.

Cincin koleksi Moela Collection. Dok. The Palace Cincin koleksi Moela Collection.

Desainnya yang simpel ditambah dengan hiasan satu butir berlian membuat cincin dari Moela Collection cocok dikenakan sehari-hari dan memberikan kesan elegan bagi pemakainya.

Sesuai dengan namanya, Moela Collection menyasar para wanita muda yang baru mulai mengoleksi berlian. Moela Collection menyadari bahwa para wanita muda menginginkan perhiasan emas terjangkau.

Baca juga: Cincin Emas Jadi Perhiasan yang Paling Disukai Orang Muda

Oleh karena itu, harga perhiasan cincin emas tersebut termasuk terjangkau di kelasnya. Berlian yang tersemat pada perhiasan Moela Collection memiliki ukuran 0,010-0,057 karat dengan kualitas warna dan karakter berlian H-very slightly included (VS).

Perhiasan dalam koleksi tersebut juga menggunakan emas 18 karat dengan rata-rata berat 1,3-1,7 gram. Dengan spesifikasi tersebut, kamu dapat membelinya mulai dari harga Rp 900.000.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat klik mengakses situs resmi The Palace di sini. Selain itu, kamu juga bisa membeli perhiasan Moela Collection di sini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.