Kompas.com - 30/04/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi kulit berminyak shutterstockIlustrasi kulit berminyak

KOMPAS.com - Minyak berlebih yang menyebabkan kulit tampak mengkilap bukan hanya membuat makeup mudah luntur, tapi juga rentan memicu komedo dan jerawat.

Namun, untuk mengurangi minyak berlebih tersebut, skincare saja tidak cukup, ada faktor lain yang mungkin perlu dihindari atau ubah.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja yang menjadi alasan kulit dapat berminyak.

Berikut ini adalah 11 penyebabnya melansir dari The Healthy:

Baca juga: 7 Tips Memilih Sunsreen untuk Kulit Berminyak dan Cara Penggunaannya

1. Hormon 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kulit juga terdampak oleh ketidakseimbangan hormon  yang dapat disebabkan oleh segala hal mulai dari pola makan, olahraga, penggunaan kontrasepsi, menstruasi, kehamilan, dan menopause.

“Perubahan hormonal ini menyebabkan kelenjar sebaceous yang terlalu aktif di kulit dan produksi minyak berlebih yang membuat lapisan luar terasa berminyak,” jelas Joel Schlessinger, MD, dokter kulit berlisensi di Omaha, NE, dan kontributor RealSelf.

Ia merekomendasikan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut yang akan menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat kulit terkelupas dan menyebabkan iritasi.

Baca juga: 5 Tanda Gangguan Hormon yang Picu Kegemukan

2. Makan terlalu banyak produk olahan susu

Menurut American Academy of Dermatology, produk olahan susu seperti keju, yogurt, atau butter, dapat menyebabkan peradangan yang memicu munculnya jerawat.

“Karena jumlah hormon yang dikandungnya, produk susu dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam produksi minyak dan menyebabkan kulit berminyak, yang terutama bermasalah bagi mereka yang rentan berjerawat,” jelas Schlessinger.

Jika kamu tidak mampu mengurangi produk susu, dia merekomendasikan penggunaan masker detoksifikasi seperti masker charcoal atau arang, saat kulit terasa sangat berminyak.

Baca juga: Mengapa Susu Segar Lebih Berkualitas daripada Susu Bubuk

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.