Kompas.com - 30/04/2021, 14:31 WIB
Tampilan baru Instagram Stories versi desktop AdWeekTampilan baru Instagram Stories versi desktop

KOMPAS.com - Fitur Stories di Instagram relatif disukai oleh banyak pengguna. Dengan adanya Instagram Story, pengguna dapat mengunggah status dalam bentuk foto, video, atau tulisan yang disertai stiker.

Namun di awal peluncurannya pada Agustus 2016, tombol berbentuk bulat di dalam fitur Instagram Story dinilai memiliki kemiripan yang mencolok dengan Snapchat.

Satu tahun setelah diluncurkan, jumlah pengguna Instagram Story mencapai 150 juta pengguna, menurut 99firms, perusahaan analitik pemasaran.

Angka itu berlipat ganda menjadi 300 juta pada kuartal terakhir 2017. Memasuki 2021, lebih dari 500 juta orang di dunia sibuk berinteraksi dengan Instagram Story setiap hari.

Baca juga: 2 Fitur Baru Instagram Story dan Cara Menggunakannya

Selain kualitas media sosial yang membuat orang kecanduan, Instagram Story seolah "memaksa" orang untuk menyaksikan setiap pembaruan yang diunggah oleh orang lain.

"Instagram Story berfungsi seperti episode Netflix, dan seperti episode lainnya, kita terpaksa menonton secara berlebihan. Faktanya. Instagram membuat fitur tersebut semakin menarik untuk ditonton satu per satu."

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian kata Dr Raffaello Antonino, psikolog konseling dan direktur klinis serta pendiri Therapy Central.

Fitur Stories di Instagram secara khusus dirancang untuk menjauhkan kita dari tanggung jawab di kehidupan nyata, bahkan prosesnya lebih cepat daripada media sosial lainnya.

Desain persuasif adalah praktik berbasis psikologi yang berfokus memengaruhi perilaku manusia lewat karakteristik atau desain suatu produk dan layanan.

Cara tersebut digunakan dalam segala hal, mulai dari sektor kesehatan masyarakat hingga e-commerce, dan tentu saja, fitur Stories di Instagram.

Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur Mirip Instagram Story, #RIPTwitter Jadi Trending

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X